MUI Minta Presiden Ikut Damaikan Iran-Arab Saudi

:


Oleh H. A. Azwar, Selasa, 5 Januari 2016 | 15:37 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 295


Jakarta, InfoPublik - Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan mengusulkan Indonesia mengambil peran aktif mendamaikan konflik Timur Tengah, khususnya antara Iran-Arab Saudi.

"Presiden menyambut baik, Indonesia sedang melakukan upaya diplomasi dan menerima permintaan banyak pihak dari negara-negara konflik itu. Tapi beliau menyadari konflik Iran-Arab Saudi cukup pelik," kata Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin usai pertemuan pengurus MUI dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/1).

Ma'ruf Amin mengungkapkan Presiden menyatakan konflik Arab Saudi-Iran sangat pelik dan penyelesaiannya pun tidak mudah, karena tidak hanya masalah perbedaan aqidah tetapi juga masalah ekonomi, minyak, dan masalah lain yang berkaitan. “Presiden menyatakan Indonesia sedang memainkan perannya dan mudah-mudahanan akan berhasil,” tuturnya.

Menurutnya, MUI melihat konflik Timur Tengah, khususnya Arab Saudi dan Iran, MUI sangat mengkhawatirkan dan dapat memicu perang yang lebih luas. "Karena Iran memiliki teman-teman seperti Lebanon, Suriah dan Arab Saudi bersama-sama dengan negara teluk lainnya bisa berperang lebih luas," ujar Ma’ruf Amin.

Ia berharap konflik tersebut segera diredakan dan Indonesa sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim dan negara yang mempunyai posisi yang strategis, dinilai memiliki peran dan potensi meredakan konflik. “Karena Indonesia netral dan juga negara cukup disegani dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” katanya.