West Sumbawa Lombok Cruise Siap Pikat Wisatawan

:


Oleh MC Kab Sumbawa Barat, Senin, 25 Juni 2018 | 09:44 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 467


Taliwang, InfoPublik - Untuk memperkenalkan destinasi pariwisata di Lombok dan Sumbawa ke mata dunia, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi melalui Dinas Pariwisata meluncurkan West Sumbawa Lombok Cruise di Pulau Kenawa, salah satu pulau cantik berdaya pikat tinggi di Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (23/6/2018).

Pada acara West Sumbawa Lombok Cruise tersebut, para wisatawan  yang sebelumnya telah membeli paket wisata seharga Rp750 ribu per orang diajak keliling Gili Balu (Pulau Kenawa, Paserang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya) menggunakan kapal Ferry yang sudah didesain menjadi semi cruise atau mirip kapal pesiar. Kapal ini disediakan khusus oleh PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Cabang Kayangan untuk destinasi Gili Balu.

Acara yang diadakan pada 23-24 Juni 2018 tersebut menyedot perhatian wisatawan lokal NTB, bahkan ada beberapa wisatawan yang datang dari Surabaya dan Jakarta.

Bupati Sumbawa Barat, W Musyafirin yang ikut hadir dan memberi sambutan mengatakan, walaupun susah payah dengan keadaan yang terbatas namun semangat membangun bidang yang memang punya prospektif ke depan khususnya pariwisata harus terus berkobar.

"Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua, anggota DPR, Pemerintah Provinsi dan semua pelaku pariwisata, harusnya pulau ini sudah tertata dengan baik sehingga wisatawan akan termotivasi untuk datang kesini, sama juga dengan Pulau Kalong dan Paserang yang telah tersedia beberapa fasilitas," katanya.

Pulau Ini, lanjutnya, dikelola oleh sebuah perusahaan dari Swedia, ada rumah botol yang dibuat oleh perusahaan tersebut, dan ada 64 konsultan yang datang belajar untuk membuat rumah seperti itu.

Bupati berterima kasih kepada inisiator dan semua pihak, PT.ASDP yang mengembangkan sayapnya pada pariwisata Sumbawa Barat, serta kepada PT. DAMRI yang telah mendukung pariwisata Sumbawa Barat.

“Transportasi ini menjadi sangat penting pada akses sebuah pariwisata, Nanti kalau memang pelabuhan bisa dikembangkan untuk pariwisata maka kami akan dukung. Destinasi Sumbawa Barat bukan saja di sini, namun banyak destinasi yang ciamik yang berada di Kertasari, Mantar, Jelengah dan Sekongkang yang akses dan infrastrukturnya cukup baik,"katanya.

Bupati juga menjelaskan, Sumbawa Barat akan menjadi tuan rumah pada Even Surfing Dunia yang akan diadakan di pantai Sekongkang dan Jelengah pada Agustus mendatang yang diadakan oleh Word Surfing Liga (WSL).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Barat, IGB. Sumbawanto mengatakan target utama untuk Wild West Sumbawa ini adalah tamu atau wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kami telah membangun kerja sama dengan Lombok Utara dan Lombok Cruise, sehingga kami akan mengambil langsung wisatawan dari tiga Gili yng ada di Lombok utara yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, sehingga tamu yang berkunjung sebanyak 3.700 per hari di Lombok Utara sebagiannya bisa berkunjung juga di Pulau Kenawa,” jelasnya.

Menurutnya, Pulau Kenawa adalah salah satu titik awal kebangkitan pariwisata Sumbawa Barat, karena bekerja sama dengan pihak swasta dan pemerintah sehingga gaungnya akan lebih besar. Ia yakin Destinasi Pulau ini akan menyerap banyak pengunjung lokal dan mancanegara.

"Sumbawa Barat ini sangat indah, Pulau Kenawa hanya bagian kecil saja dari keindahan Sumbawa Barat, ada banyak destinasi indah di sini,” katanya.

Hadir pada acara tersebut anggota DPR RI Nanang Samudra, Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Rosiadi H Sayuti, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Moh.Faozal, Komisaris Utama PT.ASDP Lalu Cuk Sudarmadi, Direktur Utama PT. DAMRI Miliati Mumin, General Manager PT. Jasa Raharja, Danlanal Kolonel Ludi Muharjo, Danlanud Kolonel Bambang.  (MC Kominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa/Vira)