Dua Train Set LRT Tiba di Palembang

:


Oleh MC KOTA PALEMBANG, Kamis, 12 April 2018 | 13:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 312


Palembang, InfoPublik - Proyek light rail transit (LRT) di Palembang segera beroperasi. Rabu (11/4/) dua unit train set LRT sudah bersandar di Pelabuhan Boom Baru, Palembang.

Train set buatan PT INKA (Persero) itu diangkut Kapal Maritindo Perkasa 2 IMA 9819076.

“Meskipun baru dua unit dari delapan unit train set yang dipesan, ini menjadi kebahagian bagi masyarakat. Apalagi kedatangannya lebih cepat,” kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar, saat meninjau dua LRT itu.

Dua train set itu masih terbungkus, sesuai standari PT INKA dan PT KAI.

“Rencananya selubung ini akan dibuka oleh Gubernur Sumsel dan Menteri Perhubungan pada launching 20 April nanti,” ujar Nasrun.

Setelah diluncurkan, pada Mei dan Juni akan dilakukan uji coba. Sementara pada Agustus baru beroperasi penuh.
Nasrun menyebutkan, dua train set ini akan difokuskan di zona 5 LRT Jakabaring, da dipasang malam hari agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

"Sampai dengan waktu pemasangan, Pelindo II menjadi penanggungjawab selaku pemilik tempat penyimpanan train set yang sudah datang. Nanti kalau sudah di launching, dua train set ini akan langsung dirakit, dipasang,” Nasrun menjelaskan.

General Manager Pelindo II Cabang Palembang, Agus Edi Santoso, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan tempat bersandar bagi kapal pengangkut train set ini.

Ia menerangkan, train set ini bersandar di pelabuhan Boom Baru sekitar pukul 10.00 WIB dan mulai dipindahkan dari kapal pengangkut ke lokasi pelabuhan (bongkar muat) pada pukul 13.00 WIB.

"Kita bertanggung jawab sampai dengan proses keluarnya train set dari wilayah pelabuhan, karena kita sudah memiliki standar ISO untuk pengamanan train set. Bahkan, kita ada tambahan personil khusus menjaga train set ini,” ujar Agus.(MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)