Calon Lahan TNI AU 12.050 Ha Dikuasai Perusahaan HTI

:


Oleh MC KOTA PALANGKA RAYA, Kamis, 5 April 2018 | 11:14 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 469


Palangka Raya, InfoPublik - Niat TNI AU untuk meminta lahan seluas 12.050 haktare di wilayah Kelurahan Pager dan Kelurahan Petuk Bukit, Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya akan menemui kendala.Pasalnya,selain status sebagian areal lahannya masih kawasan hutan juga bahkan semuanya sudah diterbitkan izin kepada perusahaan hutan tanaman industri (HTI) PT Langgeng Bakti Persada.

Kabid Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, Ninu Ludjen menjelaskan PT Langgeng Bakti Persada telah memiliki izin dengan konsesi lahan 51.000 hektare.

Lahan seluas itu menurut Ninu berada di Kota Palangka Raya seluas 28.000 hektare dan dan di wilayah Kabupaten Katingan seluas 23.000 hektare."Kemudian lama konsesinya selama 60 tahun. Investornya dari Jakarta," tutur Ninu seusai mengikuti rapat pencadangan lahan TNI AU yang dipimpin Walikota Palangka Raya, Riban Satia, Rabu (4/4)

.Menurut Ninu dengan telah dikeluarkannya izin oleh pemerintah kepada PT Langgeng Bakti Persada, maka akan menghambat pemerintah daerah untuk segera merealisasikan permintaan lahan kepada TNI AU.Namun, dia tetap yakin niat TNI AU akan bisa terwujud untuk mendapatkan lahan seluas 12.050 Ha untuk kepentingan pertahanan negara jika pemerintah pusat juga ikut campur tangan. (MC. Isen Mulang/Eyv)