Buka Liga Gemilang, Ini Tujuan Walikota

:


Oleh MC Kota Banda Aceh, Senin, 11 Desember 2017 | 12:46 WIB - Redaktur: Kusnadi - 377


Banda Aceh, InfoPublik – Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM membuka secara resmi turnamen sepakbola yang dilabeli ‘Liga Gemilang’ di Stadion H Dimurtala Lampineung, Sabtu (9/12) malam.

Saat memberikan sambutannya, Aminullah mengungkap beberapa poin tujuan dari digelarnya Liga Gemilang yang diikuti 9 Klub dari 9 Kecamatan tersebut.

Tujuan yang pertama, Walikota yang akrab disapa bang Carlos ini menginginkan lahirnya sejumlah pemain handal yang kelak dapat memperkuat Persiraja dan klub-klub professional lainnya di Aceh dari ajang ini.

Kemudian, Bang Carlos juga mengatakan ajang tersebut diharapkan menjadi hiburan bagi warga Kota.

“Kita kurang hiburan, ajang ini kita harapkan dapat menjadi tontonan menarik yang memberikan hiburan bagi warga kota,” ujarnya.

Selanjutnya, event yang memperebutkan piala Walikota ini diyakini mampu mendorong tumbuhnya perekonomian rakyat.

Aminullah yang merupakan mantan Dirut Bank Aceh sangat paham bagaimana dampak positif dari sebuah event terhadap pertumbuhan ekonomi karena melibatkan banyak elemen, mulai dari jasa transportasi, pedagang asongan hingga tukang parkir.

Tujuan lainnya, Liga Gemilang ini diharapkan dapat mempererat tali silaturrahmi bagi warga Banda Aceh, terutama semua pihak yang terlibat dalam event tersebut.

dalam kesempatan tersebut, Bang Carlos juga menyampaikan, tahun depan Liga Gemilang akan digelar besar dimana klub-klub Gampong di Banda Aceh akan diundang sebagai peserta.

“Tahun ini kita mulai dengan klub Kecamatan dulu, kedepan akan kita gelar lebih besar dan dengan peserta hingga ke klub-klub Gampong,” ungkapnya.

Laporan dari Ketua panitia, Sulaiman Romario, Liga Gemilang diikuti oleh 9 klub dari 9 Kecamatan di Banda Aceh. Tidak ada batasan pemain pada turnamen ini karena setiap klub diperbolehkan mendatangkan pemain dari luar Banda Aceh.

Panitia menyediakan total hadiah Rp35,5 juta dan trophy.

Liga Gemilang ini berlangsung dari 9 s/d 16 Desember dimana 9 klub dibagi dalam 3 Pool.

“Setiap pool dihuni 3 klub, masing-masing juara grup plus satu klub runner-up terbaik langsung lolos ke semifinal,” ujar Romario.

Seusai pembukaan, digelar laga eksebisi antara DPRK versus Pemko FC eksekutif yang dipimpin langsung Bang Carlos bersama Wakilnya zainal Arifin serta para Kepala SKPD. Laga antara eksekutif dan legislatif ini sangat menarik disaksikan.

Bang Carlos dkk unggul duluan lewat gol Mukhtar Odang saat laga baru dimulai. Namun tendangan keras anggota DPRK, Irwansyah ST di penghujung babak pertama memaksa hasil imbang 1-1.

Babak kedua semakin seru, umpan-umpan silang Bang Carlos kerap membahayakan gawang DPRK dan menghadirkan sejumlah kemelut. Hasilnya, dr Reza berhasil membawa Pemko FC memimpin 2-1. Saat laga sepertinya akan berakhir, gelandang DPRK Misbah berhasil menyamakan keduduakan dan laga harus diakhiri dengan skor 2-2.

Laga perdana Liga Gemilang dimulai dengan pertandingan antara Kecamatan Baiturrahman versus Ulee Kareng. Laga kedua tim yang tergabung dalam Pool A ini dimenangkan Ulee Kareng dengan skor 3-2. Meski sempat tertinggal 2-1 di babak pertama, namun Nurul Zikra dkk berhasil bangkit dan berbalik unggul 3-2 dibabak kedua. Dengan kemenangan ini, Ulee Kareng sementara memimpin Pool A(MC Kota Banda Aceh/Kus)