KPU Malaka Tes Wawancara Anggota PPS Malaka Tengah

:


Oleh Diskominfo Kab. Malaka, Selasa, 31 Oktober 2017 | 10:14 WIB - Redaktur: Kusnadi - 841


Malaka, InfoPublik Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Malaka melakukan Tes Wawancara kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Malaka Tengah, yang akan melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara pesta demokrasi pemilihan gubernur mendatang. Tes wawancara itu berlangsung di kantor kecamatan Malaka Tengah, Selasa (31/10).

Jubir KPU Malaka, Yoseph Nahak di sela-sela kegiatan menjelaskan, wawancara ini sebagai bagian terpenting dari perekrutan anggota PPS yang sebelumnya sudah lolos dalam seleksi administrasi.

"Wawancara ini sebagai bagian penting untuk mendalami pengetahuan calon anggota PPS mengenai pelaksanaan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan kita laksanakan," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan hasil seleksi administrasi menetapkan 6 orang dan setelah wawancara akan dipangkas lagi dan akan ditetapkan sebanyak 3 orang PPS yang bertugas di setiap desa.

"Setelah wawancara, kita akan tetapkan 3 orang sebagai anggota tetap PPS yang nantinya bertugas di setiap desa," katanya sambil menambahkan setelah ditetapkan, akan dilangsungkan pelantikan pada tanggal 9 November 2017 dan anggota akan mengikuti kegiatan Bimtek.

Ditanya memgenai antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat untuk mengikuti tahapan seleksi sebagai anggota PPK dan PPS, Yoseph Nahak mengemukakan kalau keinginan masyarakat untuk berpartisipasi sebagai penyelenggara semakin tinggi. Di samping itu, pendidikan demokrasi di Kabupaten Malaka yang semakin kondusif juga menjadi acuan tersendiri untuk merespons antusiasme itu.

Dirinya juga mengutarakan harapannya agar setelah terpilih, anggota PPS bisa melaksanakan tugad sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu juga, diharapkan kepada anggota PPS dan PPK untuk terus memotivasi masyarakat agar menggunakan hak pilihnya secara demokratis pada setiap perhelatan demokrasi seperti pemilihan gubernur, presiden dan angggota legislatif.

Seperti yang dipantau, anggota PPS yang akan mengikuti tes wawancara mengantri di depan ruang tunggu sambil menunggu giliran untuk diwawancarai (mc malaka/herryklau/Kus)