Bupati Banjar Pimpim Aksi Basasimpun Kota

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:22 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 294


Martapura, infoPublik – Bupati Banjar H Khalilurrahman memimpin langsung aksi basasimpun atau bersih-bersih kota yang digelar di Pondok Pesantren Darussalam, Martapura, Kamis (10/8).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-67 dan kelanjutan program Gerakan Menanam Hari Kamis (Gamis Hijau) yang telah digulirkan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Aksi babarasih kota tersebut juga ditandai dengan penanaman pohon mahoni di Halaman Pondok Pesantren Darussalam Marrtapura, disaksikan oleh santri dan para peserta aksi lainnya.

Program Gamis Hijau ini selain menanam  pohon mahoni juga dilakukan penamanan tanaman  buah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti  mangga kelengkeng, durian, rambutan dan limau kuit. Total ada 95 bibit tanaman yang ditanam pada hari itu.

H. Khalilurrahman mengatakan Kota Martapura terkenal  sebagai kota yang religius, sesuai dengan ajaran Agama Islam bahwa kebersihan itu sebagian dari pada iman, sehingga mesti dijaga dan dipelihara kebersihannya.

Bupati mengatakan bahwa pemerintah melaksanakan kegiatan Gamis Hijau, untuk memotivasi masyarakat agar mau mencontoh menjaga kebersihan serta melakukan penghijauan di wilayah tempat tinggal mereka masing-masing.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Triestyanto berharap masyarakat di Kabupaten Banjar bersama-sama pemerintah menjaga dan merawat tanaman..

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam KH. Hasanuddin Badruddin, sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) Kabupaten Banjar. (MC-Kab.Banjar/inas/yani/eyv)