PMI Kota Tangerang Tambah Jadwal Donor Darah Selama Ramadhan

:


Oleh MC Kota Tangerang, Jumat, 16 Juni 2017 | 03:20 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Tangerang, InfoPublik - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menambah jadwal operasi mobil donor darah selama Ramadhan, seiring dengan menurunnya jumlah pendonor. Karenanya, salah satu mobil donor darah di Tangcity Mall, Cikokol beroperasi Senin hingga Sabtu.

Petugas pelayanan PMI Kota Tangerang Arief Kurniawan mengungkapkan, penurunan pendonor memang lazim terjadi selama bulan Ramadhan. Selain karena ibadah puasa, penurunan tersebut juga karena musim mudik atau musim liburan.

"Karena trennya seperti itu, jadi ada tambahan jadwal operasional, sementara di luar Ramadhan kita cuma dua hari dalam seminggu, sekarang Senin sampai Sabtu," ungkapnya.

Penurunan stok darah diantisipasi dengan penambahan jadwal operasional, mengingat permintaan darah justru meningkat. Setiap harinya, stand donor darah tersebut melayani pendonor mulai pukul 11.00- 21.00 WIB.

Selain memaksimalkan stand di pusat perbelanjaan, PMI Kota Tangerang juga melayani donor darah di sejumlah masjid dengan sasarannya adalah para jamaah masjid.

Meski terjadi penurunan, hal tersebut tidak berdampak pada stok darah PMI Kota Tangerang. Staf Pelayanan PMI Kota Tangerang Hasbullah mengatakan, target 14.000 kantong darah, PMI Kota Tangerang selama Ramadan dan pasca lebaran telah diupayakan sejak sebulan sebelum Ramadhan.

"Kita sudah datangi sejumlah instansi dan perusahaan-perusahaan yang ingin mendonor, ini kita dorong untuk memenuhi target tersebut," katanya.

Sementara, salah seorang pendonor di Mal Tangerang City, Rizka (20) mengungkapkan, tidak merasa khawatir meski sedang berpuasa. Rizka memang rutin mendonorkan darahnya.

Namun mendonor saat berpuasa merupakan pengalaman pertamanya.  "Tadi dijelasin, paling merasa pusing enggak lama, cuma 10 sampai 15 menit. (MC Kota Tangerang/toeb)