Pembangunan RPH Gandus Palembang Masuk Tahap Dua

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 26 April 2017 | 21:10 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 713


Palembang, InfoPublik - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Harrey Hadi, mengatakan, pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) modern di Gandus kini masuk tahap dua.

“Kita harapkan akhir tahun ini atau awal 2018 sebelum Asian Games, RPH selesai dan sudah beroperasi,” ujar Harrey, Selasa (25/4) di Rumah Dinas Wali Kota Palembang.

Tahap pertama, dianggarkan dana senilai Rp 13 miliar dari APBN, untuk  konstruksi dan pengadaan peralatan. Tahap ke dua, Rp 12 miliar dari APBN untuk finishing konstruksi.

Jika rampung, RPH ini disebut-sebut sebagai yang termodern se Sumatera, bahkan terbesar di Indonesia.

“RPH ini bisa memotong 150 hewan sapi per hari,” kata Harrey.Untuk persiapan datangnya bulan suci Ramadan, Harrey mengatakan tidak ada kendala. Meski akan ada lonjakan permintaan daging di masyarakat, namun suplai tetap terjaga.

“Ini karena rumah potong hewan lama masih produktif, masih bisa dioperasionalkan. Nanti rencananya RPH yang lama ini untuk kambing, dan RPH yang baru untuk sapi,”jelasnya.

Harrey menambahkan, pihaknya juga akan membangun RPH khusus ayam. Anggarannya diusulkan pada APBN 2018.(MC.Kota Palembang/ Ratih/Hidayatullah/Eyv)