Kembaran Masjid At-Tawun Bogor Hadir Di Kabupaten Parigi Moutong

:


Oleh MC Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, 12 April 2017 | 15:44 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Parigi Moutong, InfoPublik - Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu meresmikan Masjid As-Shobirin, sebuah masjid megah kebanggaan Kabupaten Parigi Moutong bertempat di lokasi eks Sail Tomini, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong.

Masjid As-Shobirin dibangun 2016 pasca Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong yang Pembangunannya merupakan gagasan Bupati Parigi Moutong.

Dalam sambutannya bupati menyampaikan terimakasih kepada 11 BUMN yang telah membantu dalam pembangunan masjid tersebut.

“Saya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Menteri BUMN khususnya ke-11 pihak yang telah membantu pembangunan masjid ini,” tutur Bupati.

Pembangunan Masjid As-Shobirin ini merupakan gagasan saya karena tertarik melihat Masjid At-Tawun yang ada di pucak Bogor. Saya pernah mampir disana sholat disitu dan langsung berinisiatif, alangkah bagusnya Masjid seperti ini dibangun di Parigi Moutong,” ungkap bupati.

Menurut bupati, awalnya pembangunan Masjid itu tidak termaksud dalam agenda Sail Tomini, akan tetapi bupati berpikir lokasi eks Sail Tomini mesti ada Masjidnya.

“Saya sampaikan niat saya dan alhamdulillah Menteri BUMN menunjuk 11 BUMN untuk membangun Masjid As-Shabirin, dengan anggaran awan sekira Rp5 miliar,” kata bupati.

Mulanya Masjid As-Shobirin akan dibangun di atas bukit PMK, namun dengan berbagai pertimbangan, sehingga masjid As-Shobirin dibangun di tanah datar mengingat orang tua yang akan sholat tidak perlu harus menaiki bukit serta para tamu dan musafir yang lewat, mereka juga dapat memanfaatkannya untuk Sholat.

“Keseluruhan anggaran Fix untuk pembangunan masjid As-Shobirin menjadi Rp4,9 miliyar,” ujarnya.

Dengan hadirnya Masjid As-Shobirin maka akan menambah daftar panjang masjid megah yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, Masjid ini direncanakan pula akan dimanfaatkan untuk dijadikan tempat pelepasan para Jama’ah Haji Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan peresmian masjid diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Parigi Moutong. (MC Parigi Moutong/Rislan/toeb)