Dirlantas Polda Sumsel Luncurkan 10 Program Kreatif

:


Oleh MC Kota Palembang, Senin, 10 April 2017 | 12:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 415


Palembang, InfoPublik - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Dirlantas Polda Sumsel) meluncurkan 10 program terobosan kreatif, Minggu (9/4/17) di Kambang Iwak. Program ini diluncurkan untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

“Sesuai dengan program prioritas Kepala Polisi Republik Indonesia dan Kepala Polda Sumsel, tahun depan kita tuan rumah Asian Games. Kita perlu meningkatkan budaya tertib lalu lintas di wilayah Palembang," ujar Direktur Dirlantas Poldaa Sumsel, Komisaris Besar Polisi, R Slamet Santoso, dibincangi usai acara.

Adapun 10 aplikasi yang diluncurkan itu, yakni SIAPO (Sistem Informasi Administrasi Pajak Online), SIMMADE (SIM Masuk Desa), E-Tilang (Tilang Elektronik), SSDP (1 Sekolah 2 Polisi), PASTI (Pengamanan Setiap Tempat Ibadah).

Kemudian, Blue Light Patrol (Patroli Lampu Biru), LDD (Lalu Lintas Dalam Doa), PKSL (Penilaian Keaktifan Satuan Lalu Lintas), RTMC sebagai Pusat K3I (Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi) yang berada di Ditlantas Polda Sumsel dan KLIK POLANTAS.

Semua terobosan itu berbasis aplikasi telepon pintar atau smartphone, kerja sama Polda Sumsel dengan menggandeng STMIK MDP Palembang. Semua aplikasi ini bisa didownload Playstore.

Selain mendukung Asian Games 2018, semua aplikasi ini, ujar Slamet, tentu saja untuk mengatasi persoalan lalu lintas, juga kriminalitas dan kejahatan jalanan.

“Iya seperti SSDP, di mana anak dibawah umur khususnya anak sekolah sangat rawan tindak kejahatan jalanan alias begal dan lakalantas,” ujar Slamet.

Wali Kota Palembang Harnojoyo, melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Palembang, Darma Budhy, mengatakan Pemkot Palembang mengapresiasi 10 program terobosan kreatif Dirlantas Polda Sumsel.

"10 program ini kita harapkan dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, keamanan serta menghapus KKN dan pungli terhadap masyarakat. Terlebih sebentar lagi kita akan melaksanakan Asian Games 2018," ujar Darma. (Ratih/Hidayatullah/Kus)