Penerangan Jalan Umum Akan Segera Diperbaiki

:


Oleh DISHUBBUDPARKOMINFO KAB.PENAJAM PASER UTARA, Selasa, 17 Januari 2017 | 10:07 WIB - Redaktur: Kusnadi - 523


Penajam, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjanjikan perbaikan sejumlah lampu penerangan jalan umum yang rusak dan tidak berfungsi akan segara dilakukan pada tahun ini.

“Kami sudah rencanakan perbaikan dan pemeliharaan PJU (penerangan jalan umum) dilakukan pada 2017,” kata Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, ketika ditemui di Penajam, Senin (16/1).

Menurut dia, anggaran perbaikan PJU sebenarnya telah tersedia pada APBD 2016 dan dialokasikan kembali dialokasikan pada anggaran 2017.

“Tahun lalu anggaran perbaikan PJU ada, tetapi karena terkendala waktu, perbaikan itu tidak sempat dilaksanakan,” jelas Tohar, tanpa menyebutkan besaran anggaran untuk perbaikan PJU tersebut.

Ia menyatakan perbaikan dan perawatan lampu PJU di sepanjang jalan raya di wilayah Penajam Paser Utara memang harus dilakukan, untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat atau pengguna jalan.

Kondisi jalan raya di wilayah Penajam Paser Utara yang gelap itu sudah terjadi cukup lama, sehingga mengganggu kenyamanan warga dan memicu kekhawatiran terjadinya kecelakaan serta kriminalitas jalanan.

“Harus ada perbaikan dan perawatan PJU, karena mulai dari kilometer nol banyak PJU yang rusak atau padam,” ucap Tohar.

Sejumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara beberapa waktu terakhir mengeluhkan banyaknya lampu PJU yang tidak berfungsi atau padam dan terkesan dibiarkan terbengkalai tanpa ada perbaikan dari instansi terkait.

Sejumlah lampu PJU di jalan protokol Kabupaten Penajam Paser Utara sudah mengalami kerusakan atau padam sejak beberapa tahun lamanya, seperti di jalan protokol kilometer 2 hingga 4 sangat rawan kecelakaan, karena terdapat banyak jalan berlubang.

Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara secepatnya memperbaiki PJU yang rusak, sehingga warga tidak disulitkan dengan kondisi jalan tanpa ada penerangan. (MC PPU/Helena/HB/Kus)