Pemkot Dumai Terima Bantuan 10 Unit Armada Pengangkut Sampah

:


Oleh dishub kota dumai, Jumat, 11 November 2016 | 10:54 WIB - Redaktur: Tobari - 246


Dumai, InfoPublik - Anggota Komisi VII DPR RI dari Dapil I Riau Sayed Abubakar A. Assegaf menyerahkan 10 unit armada pengangkut sampah berupa sepeda motor jenis roda tiga kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai.

Bantuan tersebut, secara resmi diterima langsung oleh masing-masing perwakilan 10 Kelurahan yang menerima bantuan, dengan disaksikan oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo.

Penyerahan bantuan 10 unit Armada pengangkut sampah itu merupakan hasil kerjasama Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mensukseskan program Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo mengucapkan terima kasih kepada Anggota Komisi VII DPR RI dan Kementerian LHK RI yang telah peduli terhadap Kota Dumai dalam membantu mewujudkan kota bersih dan bebas dari sampah.

“Kita berterima kasih sekali adanya bantuan ini. Saat ini baru 10 kelurahan saja yang menerimanya, mudah-mudahan ada tambahan lagi untuk kelurahan-kelurahan lainnya yang ada di Kota Dumai, karena jumlah kelurahan kita 33 kelurahan,” tuturnya.

Dikatakan Wawako, bantuan armada pengangkut sampah ini akan disebar di beberapa kelurahan untuk membantu kerja petugas kebersihan membersihkan tumpukan sampah di beberapa titik ditetapkan.

“Semoga bantuan kendaraan roda tiga ini memudahkan kerja petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah, baik rumah tangga maupun di pasar tradisional,” sebutnya.

Untuk mewujudkan Dumai bebas sampah, lanjut Wawako, butuh kerja keras dan dukungan semua pihak serta kesadaran masyarakat yang harus ditingkatkan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Keberadaan sampah yang tidak terkelola baik dan sembarang dibuang, akan sangat berdampak buruk terhadap lingkungan dan salah satu dampaknya yakni musibah banjir, karena sampah berserakan di sungai atau drainase, kemudian menjadi sumber penyakit.

“Kita sangat serius untuk memerangi sampah dan mewujudkan kota bersih, namun diharapkan kesadaran masyarakat agar menghentikan buang sampah sembarangan, karena dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan,” katanya.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI dari Dapil I Riau Sayed Abubakar A. Assegaf menyebutkan, bantuan yang diberikan berupa Armada pengangkut sampah itu merupakan hasil kerjasama Komisi VII DPR RI dengan Kementerian LHK RI untuk mensukseskan program Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.

“Persoalan lingkungan menjadi konsentrasi kita dan terkait sampah ini diharapkan ada pengelolaan yang baik agar kota menjadi bersih dan sehat,” ujarnya.

Sayed menambahkan bahwa pengelolaan sampah yang baik dengan daur ulang, dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, dan menciptakan lingkungan yang sehat serta terhindar dari penyakit dan banjir.

“Sampah harus dikelola dengan baik dan lebih baik lagi bisa bermanfaat lain jika sudah didaur ulang, karena itu kita juga menyerahkan armada pengangkut sampah agar kerja petugas kebersihan lebih maksimal,” terangnya.

Turut hadir dalam acara sosialisasi pengembangan bank sampah dalam pengelolaan infrastruktur hijau menuju Indonesia Bersih Sampah 2020 yang berlangsung di Hotel Comfort pada Selasa kemarin, Perwakilan Kementrian LHK Abu Saifuddin, 10 Kelurahan yang menerima bantuan serta ratusan peserta yang mengikuti sosialisasi. (MCkotadumai/dika/toeb)