Kawasan Muting Akan Diusulkan Jadi Kabupaten Mulia

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Kamis, 3 November 2016 | 10:03 WIB - Redaktur: Kusnadi - 616


Merauke, InfoPublik –  Bupati Merauke Frederikus Gebze, mengungkapkan bahwa di masa pemerintahannya mulai 2017-2019, pihaknya akan mengusulkan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) dengan nama Kabupaten Mulia. Kabupaten  Mulia yang diusulkan ini merupakan singkatan dari 4 distrik yang akan menjadi wilayah pembentukan DOB tersebut yakni Muting, Ulilin, Elikobel dan Sota.

‘’Kita akan mencoba untuk membentuk Kabupaten tersendiri dengan nama Mulia,’’ kata Bupati Frederikus Gebze, di sela-sela membuka Musda Kerukunan Keluarga Batak Merauke (KKBM), Sabtu (29/10).

Selain pembentukan Kabupaten Mulia tersebut, juga wilayah Bian dan Okaba bersama distrik pemekarannya  menjadi satu kabupaten tersendiri dan  pembentukan DOB baru untuk wilayah Kimaam menjadi kabupaten.

Menurut Bupati, rencana pembentukan sejumlah DOB di Kabupaten Merauke adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, lanjutnya,   untuk membuka lapangan kerja baru bagi para pencari kerja yang ada sekarang maupun yang akan datang.

‘‘Karena anak-anak yang sudah lahir di Merauke, untuk kembali ke kampung halamannya itu akan menjadi asing bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu, kalau  pengembangan yang sudah seperti kami sampaikan tersebut, maka wilayah ini akan semakin luas. Kalau sampai 2019 wilayah ini semakin berkembang maka mau tidak mau membutuhkan sumber daya yang banyak,’’ katanya.

Tentunya, lanjut Bupati, tidak akan melarang saudara-saudara dari tempat lain, namun akan memberdayakan mereka yang sudah ada terlebih dahulu yang lahir dan besar di Merauke.  (02/McMrk/Abd/Kus)