Pulau Sewangi Gelar Mappanretasi Ade Massorong

:


Oleh MC Kalsel, Rabu, 26 Oktober 2016 | 11:36 WIB - Redaktur: Tobari - 785


Tanah bumbu, InfoPublik - Mapanretasi bertema “Mari Kita Jaga Warisan, Lestarikan Budaya Dan Tanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Pulau Sewangi Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Senin (24/10).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Wakil Ketua DPRD Tanbu H. Hasanuddin, Anggota DPRD Tanbu Syafruddin H.Maming, Samsisar dan Andi Erwin, Wakapolres Tanbu Kompol Nurhayat, Dandim 1022/Tnb diwakili Kapten Inf Agus Suhardiyono (Danramil Simpang empat),Danlanal Kotabaru - Tanah Bumbu diwakili Letda Laut Ismadi, Camat Batulicin Hj. Dradja Ati Aprianti, Kapolsek Batulicin Iptu Setiawan Malik.

Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan, selaku pribadi dan atas nama pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, ia menyambut baik dan gembira serta sangat mengapresiasi dengan dilaksanakannya upacara Adat ”Ade Massorong  Mapparentasi” ini.

Karena proses adat ini merupakan salah satu khasanah seni budaya daerah yang sarat dengan kearifan local, dan hanya dimiliki oleh masyarakat Tanah Bumbu tak terkecuali Pulau Sewangi.

Pelaksanaan proses adat ini secara esensi adalah merupakan ungkapan sebagai wujud dari rasa syukur kepada Sang Pencipta atas limpahan rejeki yang dirasakan oleh masyarakat nelayan pesisir pantai khususnya di daerah pulau Sewangi.

“Seni budaya yang kita miliki ini hendaknya dapat kita jaga dan lestarikan, sehingga dapat terus berkembang maju dan mampu menjadi salah satu aset seni budaya daerah, yang nantinya menjadi tujuan destinasi wisata bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan prosesi adat ini,” katanya.

Untuk itulah, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kab. Tanah Bumbu hingga saat ini terus berupaya serius mengembangkan dan menggali potensi keparawisataan di bumi bersujud.

Kesemuanya itu diharapkan agar mampu turut mendorong peningkatan perekonomian daerah dan kesejahtrean masyarakat, sekaligus sebagai upaya dalam mendukung program Pemerintah di bidang pariwisata  yang tentu juga selaras dengan visi pembangunan Pemkab Tanah Bumbu, yaitu mewujudkan kepariwisataan Tanah Bumbu terdepan di Kalimantan.

Ditambahkan, Bupati Mardani H. Maming melalui kesempatan ini meminta maaf sebesar-besarnya sebab tidak bisa hadir karena ada hal lain yang tidak bisa ditinggalkan.

“Bupati hanya menitipkan pesan salam hangat kepada kita semua dan ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh warga masyarakat Pulau Sewangi atas dilaksanakannya upacara Adat Ade Massorong Mappanretasi,” kata Wakil Bupati Sudian Noor.

Kegiatan yang dihadiri ratusan warga ini, berlangsung meriah dan sebagai penutup acara dilanjutkan kegiatan adat larung sesaji ke tengah laut. (Tim/ red/toeb)