Warga Desa Sendangagung Gelar Merti Desa Ki Ageng Tunggul Wulung

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Senin, 29 Agustus 2016 | 12:53 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sleman, InfoPublik - Warga Desa Sendangagung Minggir kembali menggelar kirab budaya merti desa Ki Ageng Tunggul Wulung, Jum'at (26/8). 

Kirab diawali dengan pengambilan air 7 sumber di sekitar wilayah Desa Sendangagung, kemudian air tersebut diarak dari Lapangan Sendangagung menuju rumah juru kunci makam Ki Ageng Tunggul Wulung.

Kepala Desa Sendangagung R. Heru Prasetya Wibawa, S.E mengatakan merti desa merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang telah diberikan selama ini, dan sekaligus merupakan kesempatan bagi warga Desa Sendangagung untuk melestarikan budaya yang telah berjalan turun temurun.

Sesampainya di rumah juru kunci Ki Ageng Tunggul Wulung, acara kirab dilanjutkan dengan pembagian nasi takir atau nasi gudangan. Nasi takir merupakan wujud syukur atas berkah yang berkelimpahan dan dibagikan kepada seluruh pengunjung yang datang dalam acara kirab. Pada kesempatan tersebut dibagikan nasi takir sejumlah 1.000 takir (bungkus).

Setelah pembagian nasi takir selesai, Tari Tayuban pun digelar untuk memeriahkan dan menghibur warga desa yang sendang berkumpul. "Dulu, Tayuban merupakan salah satu hiburan kegemaran Ki Ageng Tunggul Wulung," kata Heru.

Peserta kirab dimeriahkan oleh 15 padukuhan di wilayah Desa Sendangagung. Dan, rangkaian Merti Desa Sendangagung diakhiri dengan pagelaran wayang yang dibawakan oleh dalang Ki Supangat dari Kulonprogo. (***/MC Slemen/toeb)