TP PKK Kota Ambon Juara I Lomba Cipta Menu Serba Ikan

:


Oleh MC Kota Ambon, Selasa, 31 Mei 2016 | 09:42 WIB - Redaktur: Tobari - 816


Ambon, InfoPublik – Tim Penggerak PKK Kota Ambon meraih juara I Lomba Cipta Menu serba ikan yang digelar oleh TP PKK Provinsi Maluku, dalam rangka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-13 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tahun 2016, di lapangan Lodar El Kota Tual, Jum’at (27/5).

Sementara itu, mata lomba Cipta Menu B2SA, Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman yang juga dilombakan pada kesempatan yang sama, Kota Ambon hanya menduduki peringkat harapan II.

Penghargaan atau predikat juara juga diberikan kepada peserta untuk kategori pengembangan resep terbaik dari Buru Selatan, Kreasi menu Aplikatif untuk keluarga diraih oleh Maluku Tenggara, dan Kategori Penghargaan Cita Rasa oleh Kabupaten Aru.

Lomba Cipta Menu B2SA dan Menu Serba Ikan, diikuti oleh 9 kabupaten kota yang ada di Provinsi Maluku. Para peserta sudah mempersiapkan setiap menu yang akan dilombakan sejak dini hari, padahal penilaian atau penjurian dimulai tepat pukul 07.00.

Tim juri terdiri 5 orang yaitu, Ir. Yuliva dari Kementerian Pertanian Badan Ketahanan Pangan, Mamiek Mindari dari TP PKK Provinsi, Ir. Ryona C. Noya dari badan ketahanan pangan provinsi, Horif ahli gizi, dan Theni Barlola dari Ikatan Perhotelan.

Theni Barlola salah seorang juri dari Ikatan perhotelan, memastikan bahwa penjurian berlangsung profesional dan independen.

Ia mengatakan bahwa rata-rata nilai keragaman, rasa dan sebagainya cukup ketat, namun yang memberikan nilai tambah yang cukup signifikan adalah kreatifitas peserta atau displaynya.

Selain menjuarai lomba cipta menu Serba Ikan dan B2SA, pemerintah Kota Ambon juga menerima penghargaan yang diterima langsung oleh ketua TP Kota Ambon Ny. Debby Louhnepaessy, dimana desa Hatalai dinobatkan sebagai desa terbaik penyelenggaraan Dasa Wisma dan PKK.

Ketua TP PKK Provinsi Maluku dalam sambutannya, meminta seluruh kader PKK agar melalui peringatan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat ke-13 dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 tahun 2016 terus meningkatkan kinerja gerakan PKK melalui kegiatan Dasawisma yang menjiwai tema HKG tahun ini.

“Melalui tema HKG PKK tahun ini saya mengajak seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk kader Dasa Wisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak kunci kinerja gerakan pkk,” kata Ny. Rety Assagaff.

Peringatan HKG PKK juga mendorong kader pkk untuk terus kreatif dan kontributif dalam menciptakan keragaman pangan yang berbasis pangan lokal sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat setempat. (JN/toeb)