Bupati Kulonprogo Tinjau Pelaksanaan Hari Pertama UN SMPN/MTsN

:


Oleh MC Kabupaten Kulonprogo, Senin, 9 Mei 2016 | 15:51 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Wates, InfoPublik - Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengunjungi SMPN 5 Wates, dalam rangka melakukan doa bersama dan meninjau pelaksanaan hari pertama ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTsN, Senin (9/5).  

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumarsono, Kepala Bagian TI dan Humas Drs.Ariadi, MM, dan Camat Wates Ir. Aspiah, Msi.

Dalam arahannya, dokter Hasto menyampaikan, peserta ujian nasional harus jujur, karena jujur lebih baik dari pada sekedar bernilai baik. “Nilai tidak terlalu tinggi lebih baik daripada nilai tinggi tapi hasil dari mencontek karya orang lain,” ujar Bupati Hasto.

Menurut dokter Hasto, orang sukses adalah orang yang banyak diperhatikan orang lain atau “diiyakan” oleh orang banyak.

Bupati mencontohkan pengalamannya, pada saat sekolah di SMP kondisinya tidak lebih baik dibanding sekolah di kota-kota, karena pada saat itu Bupati hanya sekolah di desa.

Selain itu, dokter Hasto mengatakan, dirinya pada saat sekolah bukan termasuk siswa yang paling cerdas, bukan siswa yang luar biasa, siswa yang luar biasa jauh lebih banyak. Demikian juga pada saat sekolah di SMA, juga tidak termasuk siswa yang terbaik, tetapi yang paling penting modalnya adalah rajin belajar dan semangat belajar.

Oleh karena itu, dokter Hasto berpesan kepada peserta ujian tidak usah cemas, gelisah, dan jangan menilai rendah diri sendiri, karena setiap siswa pasti punya kelebihan masing-masing.

Bupati Hasto mendoakan semoga siswa peserta ujian kali ini diberi kesehatan, tawaqal, dan percaya diri dan berhasil lulus serta dapat melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 5 Wates Tri Waluyati menyampaikan, dalam upaya meningkatkan prestasi siswanya, pihaknya telah melakukan les pelajaran tambahan pagi dan sore, sehingga diharapkan hasilnya bisa optimal dan dapat meningkatkan prestasi siswa hingga lulus 100%.

Kehadiran Bupati diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti ujian sehingga dapat berprestasi lebih baik lagi. Demikian juga Ketua Komite Sekolah SMPN 5 Wates Sri Widodo, menyambut baik atas kunjungan Bupati Hasto, karena merupakan kebahagian dan kehormatan bagi keluarga besar SMPN 5 Wates.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kulonprogo Sumarsono menyampaikan bahwa peserta ujian nasional tingkat SMP/MTSN sebanyak 6.018 siswa, terdiri dari 3.062 siswa SMP dan 2.956 siswa MTSN yang tersebar pada 79 SMP/MTSN di Kabupaten Kulonprogo.  Sedangkan peserta ujian Paket B sebanyak 173 siswa.

Sumarsono menambahkan bahwa sekolah yang memakai sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) baru 2 sekolah, yaitu SMPN 1 Wates dan SMPN 1 Galur, sehingga diharapkan ke depan satu sekolah per kecamatan sudah dapat memakai sistem UNBK. (Ari/toeb)