Sumsel Fokuskan Penanggulangan Kemiskinan Dan Pariwisata

:


Oleh MC Kota Palembang, Jumat, 15 April 2016 | 11:46 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 440


Pelembang, InfoPublik -  Kota Palembang. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, melalui Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) merumuskan program Gerakan Terpadu Serentak Semesta Menuju Rumah Tangga (Gertak Sejuta) Mandiri.

Program ini bertujuan mempercepat penanggulangan kemiskinan dengan basis data terpadu secara signifikan dalam waktu yang tidak lama.Program inilah yang dideklarasikan dan ditandatangani seluruh kepala daerah di Sumsel pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumsel Tahun 2016, di Hotel Ultima Horison Palembang, Selasa, (12/4).

Musrenbang dibuka oleh Dirjen Bina Administrasi dan Kewilayahan Kemendagri RI, Eko Subowo, serta dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Arief Yahya.Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, mengatakan, selain penanggulangan kemiskinan, pada 2017 mendatang Pemprov Sumsel fokus pada pembangunan bidang kepariwisataan menuju Sumsel Culture Industry.

Menurut Alex, pariwisata di Sumsel saat ini masih terkendala dengan belum lengkapnya infrastruktur penunjang pariwisata di berbagai daerah, seperti transportasi.“Itulah yang akan kita bicarakan selain pembangunan lainnya. Tahun depan Pemprov Sumsel akan lebih fokus di pembangunan kepariwisataan, khususnya infrastruktur termasuk akses menuju objek wisata di Sumsel,” katanya.

"Salah satu program yang dikoordinasikan yakni 1000 kredit kepemilikan home stay dan dikaitkan juga dengan program 1000 kredit toilet bersih di seluruh Sumsel,"jelasnya.“Saya sudah bicara dengan bupati/wali kota. Saya minta program ini di daerah sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing. Program ini digulirkan Kementerian Pariwisata,” lanjutnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Arief Yahya mengatakan, pemerintah pusat telah menetapkan Sumsel sebagai model Sport Tourism Nasional. Untuk itu, Kementerian Pariwisata akan mendukung penuh langkah pembangunan kepariwisataan di provinsi yang akan jadi tuan rumah Asian Games 2018 ini. (MC.Kota Palembang/Yunani/Hidayatullah/Eyv)