Perkebunan Sei Segajah Rohil Ludes Terbakar

:


Oleh Prov. Riau, Senin, 14 Maret 2016 | 09:44 WIB - Redaktur: Kusnadi - 259


Rohil, InfoPublik  - Perkebunan sawit milik masyarakat di Kepenghuluan Sei Segajah, Kecamatan Kubu, ludes terbakar akibat kebakaran hutan dan lahan. TNI-AD bersama Polri dan masyarakat turut memadamkan api dilahan seluas 24 hektar tersebut.

"Kita berterima kasih kepada jajaran TNI, Polri, Manggala Agni, Brimob beserta masyarakat yang sudah membantu memadamkan titik api. Hasil hari ini cukup memuaskan, karena api bisa kita padamkan," kata Bupati Rohil H Suyatno, usai melakukan pemadaman api, Sabtu(12/3) kemarin.

Suyatno menjelaskan, upaya pemadaman dilakukan dari pagi hingga petang, dan api berhasil dikendalikan. Dilokasi yang sulit dijangkau, pemadaman dilakukan dengan menggunakan water bombing dari udara.

Dirinya meminta setiap petugas waspada disaat melakukan pemadaman terutama dititik tertentu, dibutuhkan juga keahlian khusus dan jangan gegabah mengambil tindakan.

Oleh karena itu, diminta petugas berjaga disekitar areal lokasi, sebab tidak tertutup kemungkinan karlahut bisa saja terjadi kembali. Dan hal ini perlu diantisipasi sedini mungkin. Sementara itu untuk kecamatan lain belum ditemukan.

"Kondisi seperti ini harus dipertahankan jangan sampai terjadi dan iingatkan kepada seluruh masyarakat Rohil tidak membuka lahan dengan cara membakar," imbaunya.

Datuk Penghulu Sungai Segajah, Kamaruzaman, menyebutkan jumlah titik sudah berkurang dan diharapkan hujan turun, sehingga semua titip api benar-benar mati. Pihaknya bersama aparat dan TNI, Polri sudah berupaya maksimal memadamkan api.

Ia menyebutkan, untuk memutus sumber api, pihaknya telah membuat kanal blocking sekaligus menjadi persediaan air hujan. Dirinya berharap kejadian ini tidak terulang kembali.(MC Riau/way/Kus)