Kepulauan Mentawai Bergiat Merevitalisasi Uma Mentawai

:


Oleh MC Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat, 5 Februari 2016 | 19:37 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Mentawai-InfoPublik - Kepulauan Mentawai bergiat merevitalisasi Uma Mentawai, yang keberadaanya sekarang sudah sulit ditemukan, hanya ada di Pulau Siberut. Uma merupakan tempat orang Mentawai untuk beraktivitas, termasuk jenis upacara atau punen, bahkan punen sudah dilakukan dari permulaan mendirikan Uma.

Saat ini Uma asli Mentawai sudah sangat sulit ditemukan di pulau Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan (Sikakap). Rumah asli Mentawai hanya bisa ditemukan di pulau Siberut. 

Oleh karena itu, pemerintah daerah menggagas revitalisasi budaya. Sekaligus melakukan inventarisasi seluruh ragam arsitektur Mentawai dari berbagai tempat yang masih memiliki bangunan tua tersebut,” kata Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Jum’at (5/2).

Pada tahun ini akan direncanakan membuat program untuk dapat cepat merealisasikan buku ragam desain arsitektur vernakuler (tradisional Mentawai), dengan melibatkan perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik arsitektur untuk menjaga kelestarian Uma di Mentawai.

Dengan berjalannya program ini, diharapkan kelestarian Uma terjaga dan tidak akan punah, demikian Bupati Yudas Sabaggalet. (iroi/ers/toeb)