Batang, InfoPublik - Merupakan sebuah kado yang paling indah pada peringatan Hari Bhayangkara ke-72, ketika institusi Kepolisian mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Pernyataan ini disampaikan oleh Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga saat memberikan sambutan pada acara tasyakuran Hari Bhayangkara ke-72 di Mapolres Batang, Rabu (11/7).

“Indonesia masuk ke dalam peringkat 10 negara teraman di dunia oleh lembaga internasional yang kredibel Galubs Loenorder,” tutur Kapolres.

Menurut Kapolres, yang menjadi salah satu indikatornya adalah masyarakat di Indonesia percaya pada aparat keamanan dan ditambah beberapa indikator lainnya yang akhirnya menempatkan Indonesia masuk ke dalam 10 negara teraman di dunia.

“Saat ini Indonesia masuk di peringkat ke 9 dengan predikat sebagai negara teraman di dunia,” terang Kapolres.

Di samping itu, lanjut AKBP Edi Suranta Sinulingga, ada pula riset dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri terkait persepsi masyarakat tentang Polri sudah jauh lebih baik.

“Persepsi masyarakat kepada Polri sudah nomor 3 setelah TNI dan KPK, sebelumnya berada di posisi bawah dari lembaga negara dan kementerian, itu artinya ada peningkatan kepercayaan publik atas kinerja dari institusi Polri dalam memberikan pengayoman dan perlindungan terhadap masyarakat,” papar Kapolres.

Kapolres menambahkan, Polres Batang berusaha menerjemahkan semangat dari Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter) di lapangan dengan memberikan rasa aman dan pelayanan terbaik berbasis teknologi informasi kepada masyarakat.

“Hal itu yang menjadi salah satu kiat meraih simpatik sehingga meraih kepercayaan dari masyarakat,” pungkas Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga.

Turut hadir dalam tasyakuran ini Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henri RJ Napitupulu dan tamu undangan.

Sebelumnya juga telah dilaksanakan Upacara Hari Bhayangkara dan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Wihaji yang diikuti seluruh institusi seperti Dinas Perhubungan, FKPPI, Polisi Hutan, Polisi Air, Kodim 0736/Batang dan Patroli Keamanan Sekolah (PKS). (MC Batang, Jateng/Heri/Ardhy/eyv)