Jakarta, Info Publik - Kehadiran Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau Tol Bocimi diyakini dapat memangkas banyak waktu perjalanan dari arah Bogor menuju Sukabumi yang kerapkali memakan periode tempuh berjam-jam akibat kemacetan mengular di jalan arteri nasional.

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky yang menjajal langsung ruas Tol Bocimi Seksi I Ciawi-Cigombong pada Kamis kemarin, mengungkapkan, jarak tempuh hingga Cigombong bisa tereduksi sampai dua sepertiganya.


"Saya tadi coba jalan, dari Bogor (Ciawi) sampai Cigombong, itu cuma 15-20 menitan. Biasanya kalau hari biasa lewatin jalan nasional, bisa sampai 1 jam," katanya di Bogor, Selasa (12/6).

Data Kementerian PUPR menyebut, Tol Bocimi bila sudah dioperasikan penuh, dapat mengurangi waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km menjadi hanya 1-2 jam saja, dari semula sekitar 5 jam.

Selain itu, konektivitas kedua kota yang semakin lancar, juga diharapkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Sukabumi, serta mendukung kawasan wisata di selatan Jawa seperti Pelabuhan Ratu.
Ruas Tol Bocimi Seksi I akan terus dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis hingga H+7 Lebaran, yakni mulai Jumat (8/6/2018) sampai 24 Juni 2018.

Selama masa fungsional pun telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande atau Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk atau Cigombong. Antisipasi kemacetan akan dilakukan dengan membuka Pintu Tol Caringin bila kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong.