Sandiaga Mengecek Harga dan Stok Bahan Pangan di Pasar Senen

:


Oleh G. Suranto, Senin, 11 Juni 2018 | 19:22 WIB - Redaktur: Juli - 335


Jakarta, InfoPublik - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengunjungi salah satu pusat jual beli bahan pangan di Pasar Senen blok III, Jakarta Pusat, Senin (11/6).

Sandiaga menyatakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga harga komoditas bahan pangan terpantau stabil dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ia pun akan berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan dan sejumlah pihak terkait guna memantau kestabilan harga ke depan.

"Kami harapkan dalam beberapa hari ke depan jelang Lebaran bisa ditambah suplainya (daging ayam dan cabai), distribusinya lebih lancar. Saya akan koordinasi nanti dengan Menteri Perdagangan dan teman-teman pengepul maupun juga pemasok, kami ingin harga stabil ke depan, dan ini secara umum lebih baik dari tahun lalu. Harga-harga gejolaknya lebih baik dari tahun lalu," terangnya.

Didampingi Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Sandiaga menjelaskan stok komoditas bahan pangan di Pasar Induk Kramat Jati sejauh ini aman.

Menurutnya, harga yang cenderung naik karena kebiasaan para pedagang untuk menarik keuntungan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tentunya kami lakukan penertiban dan ingatkan mereka (pedagang) terus karena yang terdampak mungkin juga para konsumen. Tapi, kami juga punya mekanisme lain dimana nanti bazar murah. Kemarin kami tahan karena tidak mau pedagang rugi selama periode ini. Tapi, kalau pedagang terus tidak bisa bekerja sama dengan kami (untuk stabilitas harga), kami akan lakukan mekanisme kerja sama dengan Bulog menggelar bazar murah," jelasnya.

Di samping itu, ia pun menuturkan harga beberapa komoditas seperti cabai merah keriting dan daging ayam mengalami sedikit kenaikan namun masih dapat terkontrol dengan baik.