Dinsos Jaring Lima Gepeng

:


Oleh MC KOTA PEKANBARU, Jumat, 8 Juni 2018 | 09:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 433


Pekanbaru, InfoPublik -- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru yang telah mengintesifkan razia mulai Selasa (5/6) malam kemarin menjaring lima orang gepeng di dua titik, yakni di Jalan Tuanku Tambusai dan Jalan Sudirman.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinsos Pekanbaru, Chairani SSTP Msi melalui Kabid Rehabilitasis Sosial Bustami Kamis (7/6). Ia mengatakan  pihaknya semakin aktif menggelar razia dan menertibkan keberadaan para gepeng.

"Beberapa hari terakhir ini hingga malam takbiran besok kita terus intensif melakukan razia. Dari beberapa titik kita monitoring tadi malam (kemarin) ada lima gepeng dan kita bina langsung melalui persuasif. Bahkan setelah kita jaring tadi malam ada keluarga yang menjemput langsung," ujarnya

Selain itu dinsos juga aktif melalukan pembinaan terhadap masyarakat yang terjaring razia agar di tahun-tahun mendatang mereka tidak menjadi pengemis dan gelandangan kembali. Upaya lain yang juga dilakukan dinsos Kota Pekanbaru diakui Bustami akan melakukan edukasi dan sosialisasi bagi masyarakat umum agar tidak memberi sedekah atau bantuan kepada para gepeng yang dijumpainya dipinggir jalan. 

"Masih banyak lembaga atau yayasan yang bisa diberi bantau dan memiliki kejelasan payung hukum. Sehingga hal ini dapat menjadi pelajaran bagi para gepeng untuk tidak terus menerus menjadi pengemis dan memanfaatkan moment ramadhan dan lebaran," paparnya.

Seperti diketahui  memasuki bulan ramadhan dan lebaran di kota Pekanbaru bahkan menjadi langganan pada moment hari keagamaan.(Kominfo7pku/RD1/Eyv).