Pancasila Sebagai Pemersatu Segala Perbedaan

:


Oleh MC KAB LUMAJANG, Sabtu, 2 Juni 2018 | 16:21 WIB - Redaktur: Tobari - 410


Lumajang, InfoPublik – Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Agus Iskariman, S.E., bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan tema “Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi dan Berprestasi” yang digelar oleh Pemkab Lumajang Provinsi Jawa Timur, Jum'at (1/6).

Saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo, pada peringatan Hari Pancasila Tahun 2018 ini, Letkol Czi Agus Iskariman, S.E., menyampaikan, bahwa Pancasila merupakan hasil satu kesepakatan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Piagam Jakarta atau naskah yang disusun dalam rapat Panitia Sembilan atau 9 tokoh Indonesia pada tanggal 22 Juni 1945 serta rumusan lain yang hasil finalnya dibacakan pada tanggal 18 Agustus 1945.

Dirinya juga menyampaikan, pada momentum ini Presiden Joko Widodo juga mengajak semua komponen bangsa untuk meneguhkan semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi. "Tugas dan tanggung jawab kita adalah untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," katanya.

Disamping itu, Agus Iskarman juga mengungkapkan, masyarakat harus selalu mengingat proses besar pembentukan falsafah dan dasar negara, yakni Pancasila. Karena Pancasila merupakan sebuah berkah yang Indonesia miliki di tengah keragaman dan kekayaan suku, budaya, serta agama sebagai pemersatu segala perbedaan.

Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, bahwa Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya bangsa Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. 

“Pancasila akan terus bertahan di tengah arus ideologi lain yang hendak mengubah dasar negara Indonesia. Presiden yakin nilai-nilai Pancasila akan terus diimplementasikan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati Lumajang Buntaran Suprianto juga menyerahkan tropi penghargaan bagi peserta upacara terbaik, dengan kriteria kerapian, lelengkapan pasukan, dan kekompakan. 

Dan peserta yang menerima penghargaan dalam upacara ini, diantaranya Juara I diraih oleh SMKN 2 Lumajang, Juara II diraih oleh SMA Negeri 1 Lumajang, dan Juara III diraih oleh SMA PGRI Lumajang.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus Kabupaten Lumajang, seluruh Pejabat Eselon II dan III, Organisasi Wanita, tokoh masyarakat, serta peserta upacara yang terdiri dari mahasiswa Perguruan Tinggi dan siwa-siswi SMA/ SMK/ MA di wilayah Lumajang Kota. (MC Kab. Lumajang/toeb)