Bupati Sleman Motivasi Masyarakat Tunaikan Wajib Zakat

:


Oleh MC KAB SLEMAN, Jumat, 25 Mei 2018 | 09:02 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 395


Sleman, InfoPublik - Bupati Sleman Sri Purnomo mendatangi kantor Baznas Kabupaten Sleman di Jl. Beran Kidul, Tridadi, Kabupaten Sleman, Kamis (24/5). Kedatangan Bupati Sleman ke kantor Baznaz guna untuk membayar zakat secara langsung.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap bisa menjadi motivasi kepada masyarakat pada umum untuk menunaikan kewajiban zakatnya jika sudah mencapai nisabnya.

“Wajib mengeluarkan zakat jika pedapatan akumulatif selama setahun sudah melewati nisab,”kata Sri Purnomo

Sri Purnomo menghimbau  sebagai umat muslim mempunyai kewajiban untuk menunaikan zakat 2,5% setiap tahunnya. Ia mengatakan melalui Momen Ramadhan ini merupakan waktu yang tempat untuk menunaikan kewajiban zakat tersebut.

Ia melanjutkan kemudian zakat – zakat yang terkumpul tersebut akan di distribusikan ke dusun – dusun yang ada di Sleman melalui takmir masjid kepada masyakat yang berhak menerima zakat tersebut sesuai dengan syariat islam.

Sementara itu Pimpinan Bidang I bagian Penghimpunan Zakat Asmuni Muhammad Thohir mengatakan bahwa pimpinan daerah adalah Uswatun Hasanah artinya teladan yang baik bagi masyarakat, Melalui kegiatan tersebut Ia berharap bisa menjadi motivasi masyarakat untuk membayar kewajiban zakatnya.

Lebih lanjut Ia sangat berterima kasih kepada Sri Purnomo sebagai Pemimpin Daerah telah mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas Sleman, hal ini bisa memotivasi masyarakatnya untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.

Asmuni melanjutkan bahwa kemampuan penghimpunan Zakat Baznas ialah sebesar 2,5 Milyar. Zakat tersebut ia mengatakan secara rutin didistribusikan ke program pemerintah yang ada di Sleman. Program tersebut yaitu Sleman Sehat, Sleman Produktif, Sleman Cerdas, Sleman Membangun, Sleman Peduli, dan S  leman Takwa.

Di tahun 2018 asmuni mengatakan ada peningkatan penyaluran zakat dari kalangan OPD yang merupakan sumber utama Zakat Baznas. Ia berharap kedepannya ada peningkatan dalam kemampuan penghimpunan Baznas.(MC.Kab.Sleman/Eyv)