Harkitnas harus Dimaknai dengan Upaya Pengembangan Diri

:


Oleh MC KAB HULU SUNGAI UTARA, Senin, 21 Mei 2018 | 13:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 410


Amuntai, InfoPublik - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2018 harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

Hal ini ditekankan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs. H. Abdul Wahid HK, MM., M.Si saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 yang digelar oleh Pemkab HSU, bertempat di halaman Kantor Bupati, Senin (21/5), dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”.

Menurut Menteri Rudiantara, Indonesia pada saat ini sedang disuguhi hasutan-hasutan yang membuat rakyat bertikai dan tanpa sadar mengiris ikatan yang sudah puluhan tahun menyatukan segala perbedaan. Padahal, inilah masa yang sangat menentukan bagi Indonesia.

“Inilah era yang menuntut kita untuk tidak buang-buang waktu demi mengejar ketertinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Momentum sekarang ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia,” tegas Menteri Rudiantara dalam sambutan tertulis tersebut.

Menkominfo mengatakan, Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan selalu mendorong dunia pendidikan, bekerja sama dengan industri dan bisnis untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi. Jurusan-jurusan baru, baik di tingkat pendidikan tinggi maupun juga di tingkat menengah yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan harus selalu diciptakan untuk memasok industri akan tenaga terampil yang siap kerja.

Di samping itu, pada saat ini Indonesia juga terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Digitalisasi di berbagai bidang juga membuka jendela peluang dan ancaman. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

“Alhamdulillah, kita mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya. Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia, aplikasi ponsel, mereka jadikan ladang baru buat berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreativitas. Banyak kreator konten dan pengembang aplikasi Indonesia yang mendunia, mendapatkan apresiasi baik material maupun non-material,” puji Rudiantara.

Rudiantara menambahkan, dulu dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi dan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, namun masyarakat Indonesia mampu berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Maka seharusnya sekarang di dunia yang serba digital ini, dapat menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110. Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Upacara peringatan Harkitnas ini dihadiri Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc, Forkopimda, PNS, Organisasi Wanita, Ormas, serta pelajar dan mahasiswa di lingkungan Pemkab HSU.

Di akhir upacara, Bupati HSU menyerahkan bantuan mobil puskesmas keliling kepada dua puskesmas di Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu Puskesmas Pasar Sabtu Kecamatan Sungai Tabukan dan Puskesmas Sungai Turak Kecamatan Amuntai Utara. (Diskominfo/mahdi/indah/Kus)