Jakarta, InfoPublik - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melantik enam pejabat eselon tingkat dua Kementerian Pertanian, di Jakarta, Selasa (15/5).

Amran berpesan kepada enam pejabat agar menjamin ketersediaan stok pangan jelang puasa dan Lebaran yang sudah di depan mata. “Tolong dijaga komoditas strategis cabai, bawang, daging, telur, ayam dan beras,” kata Amran dalam amanatnya.

Ia juga mengungkapkan, stok beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur sampai hari ini berkisar 40 ribu ton. Hal tersebut diambang batas aman mengingat stok beras selama ini hanya di angka 25 ribu ton. “Sampai hari ini stok aman, karena kami sudah ada dua bulan. Stok 40 ribu ton. Kemudian panen berlangsung terus,” kata dia.

Meski begitu, Amran meminta semua pejabat Kementan, khususnya yang baru dilantik, agar memonitor terus perkembangan stok dan harga pangan. Bila terjadi kenaikan harga atau kekurangan stok, agar segera dilakukan distribusi pangan dari sentra pertanian.

“Tolong dijaga stok di Indonesia. Kita jaga ketenangan di bulan suci Ramadan, kayak tahun sebelumnya. Ramadan tahun lalu stabil. Sekarang harus lebih bagus karena kita sudah ekspor,” pungkas dia.