Aneka Lomba Hiasi HUT Nagari IV Koto Dharmasraya

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Jumat, 11 Mei 2018 | 11:05 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 245


Dharmasraya, InfoPublik - Ulang tahun yang ke-16 Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya,Sumatera Barat, pada Kamis (10/5) berlangsung meriah dan penuh kekompakan.

Sejumlah rangkaian acara berupa perlombaan tampak menghiasi peringatan hari jadi nagari itu. Masyarakat dari berbagai jorong dan usia tampak ikut ambil bagian dalam peringatan hari ulang tahun tersebut untuk menjalin silaturami dan saling memaafkan menjelang bulan suci Ramadan

Acara ulang tahun yang ke-16 Nagari IV Koto Pulau Punjung dibuka secara resmi oleh Camat Pulau Punjung, Lasmita. Dalam sambutannya, Lasmita atas nama pemerintah daerah memberikan ucapan selamat kepada pemerintahan nagari dan seluruh masyarakat IV Koto Pulau Punjung dihari jadi ke-16 ini.

Dalam kesempatan itu juga meminta kepada pemerintahan nagari dan Jorong untuk senantiasa kreatif membuat terobosan-terobosan dalam rangka membangun nagari.

“Selain itu berhubung sebentar lagi mau memasuki bulan Ramadhan, mari bapak-bapak jorong kita berinovasi membuat suatu sesuatu kegiatan yang positif yang tidak kalah meriah dengan tempat lain. Kita semarakkan datangnya bulan Ramadhan secara bersama,” ajak Lasmita.

Sementara itu Wali nagari IV Koto Pulau Punjung, David Iskan dimomen HUT nagari ke-16 ini dalam sambutan mengajak seluruh masyarakat dan unsur yang ada di pemerintahan nagari untuk senantiasa bersinergi dalam memajukan nagari.

“Di usia nagari kita yang ke-16 ini, mari selalu kita jaga kebersamaan karena dalam membangun nagari dibutuhkan semangat bersama dari kita semua, sesuai dengan slogan Basamo Mangko Manjadi,” kata David

Untuk meriahkan hari jadi nagari kali ini lanjut wali nagari, pihaknya secara bersama telah menyiapkan sejumlah perlombaan yang konsepnya mengedepankan semangat kebersamaan.

“Pesertanya dalam perlombaan ini konsepnya kerjasama tim, bukan individu, yang ingin kita tanam disini ialah semangat kebersamaan dalam mencapai suatu tujuan," tambahnya.

"Selain itu dalam materi perlombaan ini kita juga mencoba mengangkat kembali nilai-nilai budaya yang ada dalam lingkungan masyarakat kita," jelasnya.

Adapun rangkaian perlombaan untuk memeriahkan peringatan hari jadi nagari IV Koto Pulau Punjung ini di antaranya Lombauak Losuang dengan jumlah peserta tiga orang, lomba kuku karambia (parut kelapa) dengan peserta terdiri dari putra dan putri.

Selanjutnya ada lomba busana muslim untuk usia 45 tahun keatas, lomba tanaman Toga Jorong dan terakhir lomba membuat nasi goreng dengan peserta teridiri dari Kepala Jorong dan pengurus pemuda. Selain itu malamnya juga akan ada acara malam resepsi yang akan dilangsungkan setelah shalat Isya.

Acara yang hingga saat ini masih berlangsung tersebut tampak selain dihadiri oleh camat, dan segenap jajaran pemerintahan nagari, juga dihadiri oleh Kepala Jorong selingkup Nagari IV Koto Pulau Punjung, Bamus, LPM, tokoh masyarakat, bundo kandung, Bhabinkamtibmas dan tamu undangan lain serta masyarakat umum. (Eko Kurniawan, S.Kom/Diskominfo/eyv)