Pihak Sekolah dan Komite Sekolah Harus Sinergi

:


Oleh MC KAB ENREKANG, Rabu, 9 Mei 2018 | 10:42 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 619


Enrekang.InfoPublik - Untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang menggelar sosialisasi terkait penguatan peran dan fungsi komite sekokah terhadap pencapaian standar nasional pendidikan di Aula Diknas, Rabu (9/5). Kegiatan tersebut diselenggarakan diikuti oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah se Kabupaten Enrekang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang, H. Jumurdin mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sharing bersama pihak sekolah dan komite sekolah, sehingga bisa membenahi standar nasional pendidikan.

“Kami mengundang semua pihak untuk melakukan sharing disini, agar kita tahu standar apa saja yang perlu dibenahi,” ujar Jumurdin.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa jika ada sekolah yang tidak mampu membentuk komite sekolah, maka bisa bergabung dengan komite sekolah lainnya.

“Itu juga sesuai PP yah. Bisa 3 sampai 5 sekolah digabung dalam satu komite agar standar nasional pendidikan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Standar Nasional Pendidikan yang dimaksud kata dia yaitu, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasaranan, stabdar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Menurutnya, perubahan terkait komite sekolah, yaitu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 75 tahun 2016, Anggota Partai Poltik (Parpol) dan Organisasi tidak diperbolehkan menjadi anggota Komite Sekolah.

“Pada peraturan sebelumnya boleh tapi sekarang sudah tidak boleh. Apabila dilanggar ini akan mempengaruhi legalitasnya, karena yang menandatangani anggaran belanja sekolah itu kepala sekolah dan komite sekolah,” paparnya.

Dia juga berharap,   dapat mengevaluasi kembali seberapa jauh standar nasional yang telah dipenuhi.

“Kita sangat ingin, standar pendidikan   terpenuhi, agar tahun depan bisa diperbaiki. Kita juga akan melakukan pertemuan berkala untuk memenuhi itu,” harapnya. (McEnrekang/Eyv)