Innacraft 2018 Jadi Motivasi Dekranasda Singkawang

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Jumat, 27 April 2018 | 06:26 WIB - Redaktur: Tobari - 362


Singkawang, InfoPublik - Ketua Dewan Kerajinan Daerah Nasional (Dekranasda) Kota Singkawang, Juli Wahyuni, menghadiri International Handcraft Trade Fair (Inacraft) 2018. Pameran Akbar itu diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Assembly Hall Jakarta.

"Ini untuk pertama kalinya saya hadir menyaksikan pameran inacraft 2018. Event pameran yang besar dan menampilkan hasil kerajinan yang bermutu," kata Juli, Kamis (26/4).

Dikatakan Juli, pameran Inacraft 2018 ini sangat luar biasa. Suatu even pameran yang besar dan bergengsi. Betapa tidak, pameran ini diikuti oleh banyak pengrajin dari seluruh indonesia yang sangat kreatif dan inovatif dengan hasil-hasil  kerajinannya yang bermutu dan penuh keunikan. 

Selain itu, pameran ini juga menjadi ajang unjuk gigi para pengrajin kreatif karena keunikan serta kualitasnya yang unggul.

"Wajar saja gelar pameran ini sangat ditunggu tidak hanya oleh para pengrajin itu sendiri namun juga oleh para peminat. Terbukti setiap harinya sejak dibuka hingga kini pengunjung yang hadir bertambah ramai," ujarnya

Juli menambahkan untuk Dekranasda Singkawang, tentunya ini jadi motivasi Kota Singkawang untuk memulai lagi berbenah dan mensupport para pengrajin di Kota Singkawang untuk lebih fokus meningkatkan kualitas produk kerajinannya melalui kreatifitas dan inovasi agar bisa bersaing.

"Pengalaman dari melihat produk-produk yang dipamerkan tentunya akan kita bagi kepada mereka dengan harapan dapat menginspirasi untuk menciptakan kreasi-kreasi baru yang kekinian sesuai tuntutan pasar," katanya.

Dekranasda Singkawang sendiri selama ini sudah enam kali tidak mengikuti event tersebut sejak Tahun 2013. Hal ini, kata Juli, suatu hal yang amat sangat disayangkan.

"Tahun depan Singkawang harus ikut tampil, karena sebenarnya masih banyak hasil karya kerajinan Kota Singkawang yang belum terekspose yang tidak kalah baik dan uniknya dari daerah lain," ujarnya

Sementara itu, Pelaksana Tugas Ketua Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat, Tita Kadarsari menuturkan ada 11 stand dari Kalimantan Barat yang ikut memasarkan berbagai macam produk masing-masing daerah.

"Ya setiap daerah memiliki hasil karyanya dengan ciri khas sendiri, ini menarik sekali. Jadi bisa membedakan antara kabupaten Se-kalbar," kata Tita usai mengunjungi seluruh stan dari Kalbar.

Tita mengatakan produksi yang dihasilkan bisa berkembang dari tiap-tiap kabupaten. Sehingga ia berharap melalui inacraft 2018 ini kedepannya seluruh daerah di Kalbar bisa lebih mengembangkan produk mereka.

"Produknya harus terus dikembangkan. Semoga lancar hasil karya anak bangsa Indonesia. Semuanya menarik, mungkin perbedaanya sedikit, semuanya bagus saya tidak bisa membedakan," katanya. (MC. Singkawang/toeb)