Baznas Singkawang Kumpulkan Zakat Sebesar Rp1.168.000.000

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Rabu, 25 April 2018 | 21:19 WIB - Redaktur: Tobari - 383


Singkawang, InfoPublik - Ketua Baznas Kota Singkawang Mahmudi mengatakan, penerimaan zakat tahun 2017 adalah sebesar Rp1.168.000.000.  Dana yang terkumpul, sudah diidistribusikan kepada fakir miskin (duafa), muallaf, bantuan beasiswa miskin berprestasi, enam panti asuhan se-Kota Singkawang dan bedah rumah sebanyak 11 unit.

"Kemudian bantuan juga diberikan untuk modal usaha berupa pembuatan gerobak dorong (tempat penjualan), rumah tahfiz, sunatan massal bagi anak-anak dari kalangan orang tua tidak mampu, bantuan kepada orang sakit kanker, dan membantu orang yang dililit utang yang dikarenakan tidak ada tempat tinggal karena kontrakannya habis," katanya, Selasa (24/4).

Pendisribusiannya dibagi menjadi dua tahap, dimana pada tahap satu dilakukan pada Januari s/d Juni 2017 sebesar Rp797.000.000 dan tahap dua pada Juli s/d Desember 2017 sebesar Rp370.306.000. 

Kemudian, usai sosialisasi Perwako ini, akan ada pendistribusian dana zakat secara simbolis kepada Dhuafa, tanggap bencana (kebakaran rumah), modal usaha berupa gerobak dorong, bedah rumah, dan para Muallaf. 

Menurutnya, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan misi Baznas Singkawang. Pertama, meningkatkan kesadaran berzakat, infaq dan sadaqah. 

Kedua, meningkatkan sistem manajemen modern yang profesional. Ketiga, meningkatkan tata kelola zakat yang akuntabel. Keempat, meningkatkan peran Baznas Kota Singkawang dalam menanggulangi kemiskinan dan kemasyarakatan umat di Kota Singkawang.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, Nahruzi berharap kepada kepala dinas bisa menggerakkan pegawainya untuk mau membayar zakat.  "Jadi kalau bisa setiap bulan itu langsung di potong bendahara untuk membayar zakat," katanya. 

Dia pun berharap, bagi penerima zakat (Mustahik) isnya Allah kedepan bisa menjadi Muzakki (bisa menyalurkan) zakat. "Jadi melalui sosialisasi ini diharapkan orang yang menerima kedepannya bisa ikut menyalurkan, saya rasa inilah cita-cita kita semuanya," ujarnya. 

Oleh karena itu, pesannya lagi, kepada umat Islam dirikanlah sholat dan tunaikan zakat. (MC. Singkawang/Vhutra/toeb)