Keterwakilan Kaum Perempuan Masih Kecil

:


Oleh MC KOTA SINGKAWANG, Sabtu, 21 April 2018 | 08:08 WIB - Redaktur: Tobari - 394


Singkawang, InfoPublik - Ketua Forum Peduli Ibu Pertiwi Singkawang Iryani Mas’udi mengungkapan bahwa keterwakilan perempuan di parlemen memang masih kurang saat ini, namun di balik itu perempuan memiliki potensi yang begitu besar.

“Caleg perempuan atau anggota legislatif perempuan memang sedikit sekarang ini, dan kesetaraan gender perlu semakin disosiasilasikan terutama dalam politik,” ujar Iryani Mas’udi, Jum'at (20/4).

Namun dibalik itu semua, bahwa perempuan memiliki potensi yang luar biasa sekali di antaranya bisa sebagai penyejuk dalam suatu infastruktur politik dalam hal ini partai politik.

“Bahkan banyak perempuan di dunia ini yang menjadi pemimpin, baik sebagai pemimpin negara atau bangsa, pemimpin di dewan atau ada yanh menjadi walikota seperti Walikota Singkawang kita ini,” katanya.

Oleh sebab itu, tegas Iryani, bahwa partai politik harus memberikan pengetahuan politik  kepada kaum perempuan agar mereka lebih banyak lagi kiprahnya di dalam pembangunan nasional dan di daerah.

Secara potensi pemilih,  kaum perempuan lebih banyak dari laki-laki. “Ini artinya tingkat keterpilihan kaum perempuan di parlemen cukup besar, dan momentum peringatan hari RA Kartini inilah sebagai refleksi terhadap berbagai potensi dan kemampuan kaum perempuan,”ujarnya.

Namun kaum perempuan yang duduk di politik atau di pemerintahan, merupakan perempuan pilihan dengan kemampuan yang luar biasa baik kecerdasannya, dan ketangkasan dalam memimpin serta dapat menyelesaikan setiap permasalahan. (MC. Singkawang/Vhutra/toeb)