Pembangunan Trans Mentawai Sebagai Konektivitas dan Penghubung Antar Pulau

:


Oleh MC Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu, 21 April 2018 | 09:16 WIB - Redaktur: Tobari - 240


Mentawai. InfoPublik– Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan pembangunan Trans Mentawai sebagai  konektivitas atau penghubung di kabupaten yang wilayahnya terdiri dari sejumlah pulau.

 Ini pentingnya pembangunan Trans Mentawai, dia akan menghubungkan daerah satu dengan lainnya, dan dengan adanya trans Mentawai perjalanan kita dari selatan sampai utara atau sebaliknya jadi singkat.

Demikian dikemukakan Bupati Yudas dalam paparannya di hadapan Ridwan Djamaluddin, Deputi III Bidang Koordinator Infrastruktur Kementrian Kemaritiman dan rombongan. pada rakor perencanaan percepatan pembangunan kabupaten kepulauan Mentawai, di aula Bappeda di Tuapejat, Jum'at (20/4).    

Menurut Bupati  Yudas, dengan rampungnya pembangunan Trans Mentawai juga akan meningkatkan  perputaran ekonomi bagi masyarakat, dan dapat menunjang percepatan pembangunan di sektor lainnya.

Selain tentang kelanjutan pembangunan  Trans Mentawai, Bupati Yudas juga memaparkan tentang rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di  kecamatan Siberut Barata Daya.

Sementara itu Deputi III Menko Maritim Ridwan Djamaluddin mengatakan dari program pemerintah pusat terdapat beberapa program pembangunan infrastruktur yang ada di Kepulauan Mentawai.

Di antaranya yaitu kelompok infrastruktur kolektivitas, sebagian besar yaitu trans Mentawai, Pelabuhan Mabukku akan di bangun oleh Pemerintah, Bandar Rokot saat ini sedang berproses, Pelabuhan Labuan Bajou, dan Bandara Internasional dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan di bangun Investor.

Kelompok ke dua merupakan pembangunan sara Air bersih di Siberut dan Sipora. Ke tiga yaitu, Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Sikakap sudah berjalan dengan tujuan untuk meningkatkan industri perikanan bagi nelayan. Kemudian KEK Mentawai yang nantinya di fasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Kabupaten. (Suntoro/toeb)