Kehadiran PLBN Motamasin Tingkatkan Perekonomian Penduduk

:


Oleh Eko Budiono, Jumat, 20 April 2018 | 10:29 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 765


Malaka, InfoPublik - Kehadiran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kabupaten  Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang menghubungkan Indonesia dengan Timor Leste, memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat.

Menurut Administrator PLBN Motamasin Andreas Nahak, aktivitas perdagangan mengalami peningkatan yang cukup besar. "Aset yang dimiliki oleh  warga di sekitar PLBN Motamasin ini nilai ekonominya  juga makin tinggi, misalkan tanah, rumah,  atau bangunan yang yang disewakan," ujar Andreas di kantornya, Jumat (20/4).

Andreas mengungkapkan sejumlah komoditas pertanian dan peternakan, seperti  kemiri, jagung, kacang hijau, itik, dan ikan menjadi produk unggulan yang dijual ke Timor Leste. “Memang keberadaan PLBN ini memberikan dampak yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk,” tegasnya.

Dia mengatakan, rumah-rumah warga banyak yang disewa oleh karyawan PLBN.

Sedangkan salah seorang warga Malaka,Desideratus Nahak mengharapkan, aktivitas ekonomi dan perdagangan antara RI dan Timor Leste makin meningkat.

“Mudah-mudahan ke depan makin banyak warga dari Timor Leste yang  berkunjung ke Malaka ini,” katanya.

Dia mengatakan, sebelum pembangunan PLBN Motamasin, kegiatan ekonomi penduduk masih belum berkembang. “Saat ini perekonomian penduduk khususnya di sekitar PLBN Motamasin cukup maju,” tambahnya.