Tingkatkan Mutu Pendidikan Lewat O2SN

:


Oleh MC KAB KAYONG UTARA, Kamis, 19 April 2018 | 09:41 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 566


Kayong utara, Info Publik - Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, dan Olimpiade Literasi Siswa Nasional Kabupaten Kayong Utara tahun 2018, selain menjadi program nasional, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Hal itu Disampaikan Bupati kayong utara, Hildi Hamid, dalam pidato sambutannya,di Halaman Dinas Pendidikan, Sukadana, Rabu (18/4),

bahwa Pemerintah Kayong Utara memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada seluruh warga KKU, termasuk pada jenjang Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang merupakan layanan pendidikan dasar yang wajib diperoleh seluruh masyarakat KKU.

"Salah satu kegiatan peningkatan mutu pendidikan  yang diselenggarakan mulai dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan yang sederajat adalah Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Dan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tahun 2018 dan telah menjadi agenda/kegiatan rutin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Propinsi, dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang dilaksanakan setahun sekali" ucap Hildi saat berikan sambutan.

Ia juga menjelaskan, Penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tersebut, juga merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk  menyelenggarakan kegiatan dalam betuk pembinaan dan pengembangan olahraga yang merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional.

"Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan dan persaudaraan, Selain itu, olahraga juga dipandang sebagai salah satu corong  bagi nation and character building atau pembangunan watak bangsa. Hal ini bermuara sama demi mendukung Program Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa" ujarnya.

Kegiatan FLS2N, O2SN dan OLSN,merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berjenjang sejak tingkat sekolah, kabupaten,kota, provinsi, nasional dan internasional. Kegiatan ini merupakan momen yang tepat bagi para peserta didik untuk dapat berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, belajar bekerja sama dan mematuhi aturan. (MC Kayong Utara, Norita/Zal/Ridwan/Eyv)