BI Terima Penghargaan Bidang Kearsipan

:


Oleh lsma, Selasa, 10 April 2018 | 10:10 WIB - Redaktur: Juli - 170


Jakarta, InfoPublik - Bank Indonesia (BI) kembali menerima penghargaan di bidang kearsipan yaitu dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan sertifikat Statement of Compliance ISO 15489:2016 Records Management dari Technischer Uberwachungs Verein (TÜV SÜD) Singapore, untuk 9 (sembilan) satuan kerja di Bank Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo menyampaikan keberadaan dokumen yang dijadikan sumber informasi dan referensi maupun dokumen baru yang diciptakan merupakan landasan otentik bagi akuntabilitas pelaksanaan tugas BI.

"Oleh karenanya pelestarian arsip perlu dilakukan dengan konsisten dan baik agar jejak langkah institusi dalam membangun kinerja dapat diabadikan, diwariskan, serta dijadikan landasan berpijak yang kuat untuk mewujudkan visinya," kata Agus di Jakarta, Selasa (10/4).

Agus menjelaskan penataan arsip yang baik untuk menjaga kelangsungan informasi penting dan mendukung perumusan serta kebijakan BI. Dia menjelaskan, arsip yang baik turut menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang solid dan stabilitas sistem keuangan yang terjaga.

"Tidak sedikit dokumen yang terkait dengan penetapan kebijakan. Dokumen sebagai sumber informasi dan referensi sebagai landasan otentik dari pelaksanaan tugas BI yang perlu dilestarikan," ujarnya.

Dia menjelaskan, BI telah melaksanakan kearsipan yang baik sejak BI didirikan pada 1 Juli 1953 lalu. 

"1928 waktu masih De Javasche Bank, BI memiliki arsip 800 meter linier. Ini upaya untuk mengelola kearsipan lebih baik dan menjadi tugas pokok BI," katanya.

Penghargaan ANRI diberikan kepada BI berkenaan dengan upaya penyelamatan arsip statis bidang perbankan, khususnya pada masa transisi peralihan fungsi pengawasan mikroprudensial bank dari Bank Indonesia kepada Otoritas Jasa Keuangan.

Sedangkan, Statement of Compliance ISO 15489 Records Management, diberikan kepada BI karena berhasil memenuhi standar internasional di bidang kearsipan. Dengan raihan Statement of Compliance ISO 15489 Records Management di tahun ini, 19 (Sembilan belas) satuan kerja BI telah memenuhi standar internasional di bidang kearsipan.