BMKG Pekanbaru Deteksi Lima Hospot di Riau

:


Oleh MC PROV RIAU, Selasa, 3 April 2018 | 09:02 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 208


Pekanbaru, InfoPublik - Langkah antisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sejatinya perlu menjadi perhatian serius. Pasalnya hotspot yang menjadi cikal bakal kathutla mulai kembali menghiasi langit Riau.

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Minggu (1/4) mendeteksi sebanyak enam titik hotspot muncul di Pulau Sumatera. Sementara untuk di Riau terdeteksi lima hotspot.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan secara berlanjutam. Dimana, dari enam hotspot tersebut, lima berada di Riau pada level confidence di atas 50 persen.

"Memang ada terdeteksi beberapa hotspotdi Riau. Kendati demikian, masih ada potensi hujan di beberapa daerah," tuturnya.

Untuk daerah yang terdeteksi hotspot seperti di Kabupaten Pelalawan dua hotspot dan di Bengkalis, Kampar, dan Rohil, masing-masing diantaranya terdapat satu hotspot. Meski terpantau Hotspot, namun cuaca di Riau hari ini masih betpotensi hujan.

Misanta pada siang hari potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rohul, Kampar, Pelalawan, Inhil dan Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk malam hari potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Rohul, Kuansing dam Kampar.(MC Riau/mz/eyv)