Puskesmas Lumban Lobu Sosialisasi Germas Ajak Masyarakat Hidup Sehat

:


Oleh MC KAB TOBA SAMOSIR, Senin, 26 Maret 2018 | 20:13 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Balige, InfoPublik - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lumban Lobu Kecamatan Bona Tua Lunasi Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar kegiatan senam pagi, penyuluhan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), pemeriksaan kesehatan, dan mengkomsumsi buah, Jum'at (23/3).

Bertempat di halaman Puskesmas Lumban Lobu, kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat, Camat Bona Tua Lunasi Hulman Sitorus, Kepala Desa Naga Timbul Timur Donglas Naiborhu, Kepala Desa Lumban Lobu Janner Sitorus, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA Kecamatan Bona Tua Lunasi.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Lumban Lobu dr.Margareth Duma Sari Sirait, M.Kes , Senin (26/3) menjelaskan bahwa gerakan sosialisasi Germas bertujuan menggerakkan masyrakat untuk melakukan pola hidup sehat.

“Germas meliputi kegiatan aktifitas fisik, mengkomsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban,” terangnya.

Disebutkan Margareth, sosialisasi Germas sangat dibutuhkan masyarakat, karena pada saat ini masyarakat dihadapkan pada perobahan pola penyakit. Jika duhulu penyebab kematian kebanyakan diakibatkan penyakit menular, namun pada saat ini angka kematian umumnya akibat penyakit tidak menular seperti hipertensi, stroke dan diabetes.

“Saat ini penyakit hipertensi, stroke dan diabetes penyebab kematian yang memiliki proporsi lebih besr di pelayanan kesehatan. Untuk menghindari penyakit tersebut kita mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Ditambahkan Kepala Puskemas Lumban Lobu ini, kegiatan senam bersama, pemeriksaan kesehatan dan makan buat akan rutin dilaksanakan setiap bulan di 12 desa Kecamatan Bona Tua Lunasi. Dengan mengunjungi masyarakat langsung ke setiap desa, kegiatan Germas ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

“Melalui kegiatan Germas ini kami berharap masyarakat dapat mewujudkan paradigm hidup sehat demi kualitas hidup yang baik khususnya masyarakat Kecamatan Bona Tua lunasi,” harapnya.(MC Tobasa jantro/rik/toeb)