Kedelai dan Umbi-Umbian Alternatif Selain Padi

:


Oleh MC KAB BALANGAN, Kamis, 22 Maret 2018 | 06:34 WIB - Redaktur: Tobari - 506


Paringin, InfoPublik - Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rabu (21/3), melaksanakan pelatihan pengolahan kedelai dan umbi-umbian menjadi makanan pangan, dengan menghadirkan narasumber Agus Sasirangan.

Kegiatan yang bertempat di Water Park Ar Raudah tersebut, diikuti oleh para istri Kepala SKPD, pengurus Dharma Wanita dan TP PKK, serta para penyuluh pangan perempuan di lingkup Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Pertanian setempat, Tuhalus, mengatakan, tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk membudayakan makan makanan pangan selain yang berasal dari padi.

Dengan diolah sedemikian rupa, anak-anak atau bahkan masyarakat umum akan suka mengonsumsi kedelai dan umbi-umbian. “Jagung, kalau diolah dengan resep yang pas dan enak, saya yakin semua akhirnya pasti suka makan jagung. Beda saat dihidangkan dalam wujud aslinya,” ungkapnya.

Selain makanan pangan ini mempunyai gizi yang bagus, ujar Tuhalus, ini juga sebagai upaya pihaknya dalam mengurangi konsumsi padi pada masyarakat, sehingga tidak ketergantungan.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan Nursidah Ansharuddin menuturkan, ia menyambut baik dengan adanya kegiatan ini.

Setelah melihat Agus demo  memasak, ternyata cukup gampang dalam mengolah bahan pangan seperti kedelai dan umbi-umbian ke dalam resep lain. "Tinggal kita saja lagi banyak-banyak mencoba,” katanya. (MC Balangan/Why/Me/toeb)