Angka Kunjungan Wisatawan Ke Palembang Meningkat Pesat

:


Oleh MC KOTA PALEMBANG, Jumat, 16 Maret 2018 | 11:10 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Palembang, InfoPublik - Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, angka kunjungan wisatawan di kota ini meningkat kurun 8 tahun terakhir. Peningkatan tersebut  tidak lepas dari upaya pemerintah kota yang terus merevitalisasi serta menambah destinasi wisata.
 
Pada 2009, terdata 675.698 wisatawan, dan pada 2017 angka itu melonjak jadi 2.011.417 wisatawan. “Meningkat hingga 303,63%,” ujar Isnaini, di kantornya, Kamis (15/3/).

Dari jumlah itu, sebanyak 2.001.5677 atau sekitar 297,57% adalah wisatawan nusantara, dan 9.850 turis mancanegara. Data ini dihimpun dari PHRI Sumsel, Kantor Imigrasi Kelas 2 Kota Palembang, dan olah data Dinas Pariwisata Palembang.

Isnaini mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan ini tidak lepas dari upaya pemerintah kota yang terus merevitalisasi serta menambah destinasi wisata. “Saat ini total ada 64 destinasi wisata, dengan 14 destinasi wisata utama yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah, dan budaya, serta wisata hasil buatan manusia,” ujar Isnaini.
 
Adapun ke-14 destinasi wisata tersebut, yakni Al Qur'an Akbar, Bukit Siguntang, Benteng Kuto Besak, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Pulau Kemaro.

Kemudian ada Jakabaring Sport City, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Sudirman serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Belum lagi,  beberapa destinasi wisata swafoto yang baru saja diresmikan seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak dan lain sebagainya.

“Kita optimis serapan wisatawan kita 2018 ini mencapai 2,5 juta pengunjung. Kita yakin karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan juga didukung destinasi wisata yang mumpuni untuk memanjakan wisatawan,” kata Isnaini pula.

Ia menambahkan, untuk pemasaran destinasi wisata di Kota Palembang, pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agen (ASITA), Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) serta menyediakan brosur dan peta lokasi destinasi wisata di hotel-hotel yang ada di Kota Palembang.

“Tentu kita juga memanfaatkan media sosial yang lebih digandrungi masyarakat saat ini, untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Palembang.” katanya,  ( Ria Amelia/ Hidayatullah/toeb)