Stok Berkurang Harga Ikan Laut Di Kab. Pangkep Alami Kenaikan

:


Oleh MC KAB PANGKAJENE DAN KEPULAUAN, Kamis, 15 Maret 2018 | 09:30 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 274


Pangkep, InfoPublik - Semua jenis ikan laut yang di perjual belikan di area pasar sentral Pangkajenne, kecamatan Pangkajenne, kab. Pangkep alami kenaikan dari biasanya, kenaikan tersebut dipicu kurangnya stok ikan yang masuk ke pasar akibat cuaca ekstrim yang melanda laut pangkep. Menurut para pedagang ikan yang berada di pasar sentral, mereka terpaksa menaikan harga ikan laut mereka jual, dikarenakan stok ikan laut sangat minim.

Usman  pedagang ikan mengatakan sulitnya mendapatkan ikan laut saat ini karena faktor cuaca buruk, sehingga para nelayan pencari ikan lebih memilih untuk tidak melaut.

"Kami terpaksa menaikkan harga ikan laut karena stoknya masih minim. Akibat cuaca buruk, kalau ikan air tawar normal harganya," kata Usman, Rabu 14/03/2018.

Menurutnya untuk saat ini, harga ikan laut mengalami kenaikan hingga 30 persen dari biasanya, seperti ikan harga ikan cakalang mengalami kenaikan dari 30 rb menjadi 40 ribu per ekornya, ikan citang dari 40 ribu menjadi 50 ribu per ekor, kakap merah dari 10 ribu menjadi 15 ribu, ikan sunu dari 30 ribu menjadi 50 ribu per ekornya.

Sementar itu seorang pedagang ikan lain, bernama Saleh mengatakan sudah beberapa bulan stok ikan laut sulit untuk di dapatkan, akibat cuaca yang cukup ekstrim sehingga membuat nelayan penangkap ikan memilih untuk tidak melaut, pedagang ikan pun terpaksa menaikan harga ikan.

"Kalau cuaca jelek seperti sekarang biasanya nelayan tidak melaut, mereka hanya tinggal dirumah memperbaiki jaring. Itulah mengapa stok ikan laut sedikit. Jadi terpaksa harganya pun agak melonjak," tambah Saleh

Diketahui sudah beberapa bulan, cuaca buruk melanda kab. Pangkep, sehingga membuat nelayan pencari ikan enggan untuk melaut dan lebih memilih untuk tinggal di rumah memperbaiki alat penangkap ikan mereka.(McPangkajene/Fahmi/Noor)