Singkawang, InfoPublik - Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie didampingi Wakil Walikota Irwan membuka secara resmi Bookfair kota Singkawang tahun 2018, dan mengatakan membaca buku  bisa meningkatkan semangat sehingga bisa mengatasi keluhan generasi muda maupun warga pada umumnya agar bersemangat lagi.

"Semoga dengan book fair Singkawang dapat menjadi pemacu budaya membaca baik bagi anak anak, genarasi muda maupun orangtua," ungkapnya Senin (12/3). 

Setelah membuka kegiatan, Tjhai Chui Mie bersama jajarannya, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Forkopimda Kota Singkawang melakukan donasi buku.

 Usai itu, didampingi Kepala Dinas Pepustakaan dan Kearsipan Kalbar Ignasius K, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang Darnila mengunjungi stand book fair yang berjejer di halaman Kantor Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Singkawang. "Saya berharap lebih banyak lagi buku buku terkait motivasi," katanya.

Menurutnya membaca buku memotivasi bisa meningkatkan semangat sehingga bisa mengatasi keluhan genarasi muda maupun warga pada umumnya agar bersemangat lagi. "Jika sudah termotivasi, bersemangat maka akan muncul ide ide kreatif, inovatif yang tentu saja bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, " katanya. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang Darnila mengatakan Book Fair 2018 ini merupakan yang pertama di Singkawang, sehingga perlu kedepannya ditingkatkan. Tujuannya, menjadikan buku dan membaca sebagai salah satu kebutuhan pokok utama disamping kebutuhan pokok lainya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya telah mengudang sekitar 30 penerbit buku yang ada, termasuk luar kota Singkawang. Nantinya para penerbit buku tersebut akan menjual buku yang tentu saja sesuai dengan kebutuhan baca bagi masyarakat. Seperti bidang pendidikan, kesehatan, buku anak, teknologi, sastra/budaya, fashion, agama, hingga motivasi dan pelajaran.

Selain itu,  dalam Book Fair tersebut juga dirangkai dengan agenda lainya seperti  rangkaian acara lomba bercerita anak tingkat SD/MI se Kota Singkawang.

Serta, lomba Bercerita masyarakat umum, lomba mewarnai anak TK/PAUD, Lomba Melukis Batu, Pelatihan Bercerita Anak SD, Pelatihan Menulis siswa SMP/SMA, kelas Bahasa, bedah buku dan kuliner kota Singkawang. (MC. Singkawang/Vhutra/toeb)