Pematang Siantar, InfoPublik - Untuk menumbuhkan minat masyarakat berbisnis di bidang pertanian atau agrobisnis, Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar Agro dan UMKM Expo di Pelataran Parkir Pariwisata Jalan Merdeka, Kota Pematang Siantar Sumatera Utara, Jumat (9/3).

Acara dihadiri Wakil Wali Kota (Wawako) Togar Sitorus mewakili Wali Kota Pematangsiantar. Wakil Wali Kota menyambut baik kegiatan itu. Ia mengharapkan, agar acara ini mampu mengedukasi publik untuk mengenal berbagai produk tanaman yang dapat dibudidayakan sesuai dengan kondisi di kota ini.

"Keterbatasan lahan pertanian hendaknya tidak menjadi penghalang, beberapa usaha pertanian dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada, seperti jenis tanaman hidroponik, ujarnya.

Wawako menyarankan masyarakat berkonsultasi kepada pelaku usaha pertanian yang sudah berhasil dan berpengalaman di ajang ini.

Wawako Togar mengajak seluruh pelaku UMKM khususnya bidang pertanian, kiranya dapat menciptakan pengembangan pasar komoditas pertanian. "Sehingga mampu mendukung kedaulatan pangan di Pematangsiantar semakin mantap, maju dan jaya," ujarnya.

Agro Expo yang dihadiri mahasiswa, pelaku UMKM, pengurus KTNA  Kota Pematangsiantar juga menggelar seminar dan perlombaan bagi anak-anak. (Humas/C1/S2/Vira).