Surabaya, InfoPublik – Jelang kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Jawa Timur, Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Kav M Zulkifli memimpin apel gelar pasukan pengamanan. Ribuan personel disiapkan dalam apel yang dilaksanakan di lapangan Makodam V Brawijaya, Rabu (7/3).

“Persiapan sudah kami lakukan mulai rakor (rapat koordinasi, red), gelar pasukan, pengecekan rute, dan pemeriksaan obyek lokasi oleh pasukan. Semua kami jalankan sesuai protap,” kata Kolonel Zulkifli saat dikonfirmasi usai apel gelar pasukan.

Ia mengaku, pengamanan sudah dilakukan dengan baik. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, pemprov, dan pemkot.

“Sampai saat ini, persiapan pengamanannya so far so good (sejauh ini berjalan baik, red),” ujar Danrem 084.

Saat ditanya jumlah pasukan pengamanan, ia menjelaskan belum tahu pasti jumlahnya.

“Yang pasti ada beberapa titik. Pembagian pasukan sudah ada protap. Satu titik ada beberapa unsur dari TNI, Polri, pasukan tempur, pasukan escape, PLN hingga damkar (pemadam kebakaran, red). Satu spot (titik lokasi) sekitar 5 SSK atau sekitar 500 personel,” tuturnya.

Ia menegaskan, melakukan pengamanan dalam kunjungan Presiden RI saat ini merupakan suatu tanggung jawab yang harus diemban oleh masing-masing personel pengamanan yang berada di bawah kendalinya.

“Jangan sampai ada hambatan, ataupun hal-hal yang bisa menghambat kunjungan yang dilakukan oleh Presiden disini,” tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi akan melakukan serangkaian kunjungan kerja di wilayah Jawa Timur selama dua hari, yakni Kamis - Jumat tanggal 8-9 Maret. Pada hari pertama, Presiden Jokowi akan menyerahan KIP (Kartu Indonesia Pintar), PKH (Program Keluarga Harapan) dan Silahturahmi Guru di GOR Tri Dharma Gresik. Dilanjutkan kegiatan di Alun - Alun Lamongan untuk pembagian sertifikat tanah. Sore harinya, Presiden akan berkunjung di Ponpes Langitan, Tuban.

Pada hari kedua, Presiden Jokowi akan melakukan penyerahan SK perhutan sosial dan acara panen raya jagung di Desa Ngimbang Kecamatan Palang Tuban. Lanjut ke lokasi Desa Nimbang acara program Dana Desa Kemendes dan PDT. Siang harinya menuju acara general power Expo di Gresik dan dilanjutkan ke Ponpes Al Salafi Al Fitrah di Kenjeran Surabaya dalam rangka peresmian Bank Waqaf. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/Noor)