Ada Pungli Di Objek Wisata Laporkan Pada Polisi

:


Oleh MC Kota Padang, Sabtu, 3 Maret 2018 | 16:22 WIB - Redaktur: Tobari - 584


Padang, InfoPublik - Saat ini Pemerintah Kota Padang sedang fokus terhadap pengembangan pariwisata. Di berbagai objek wisata mulai dilakukan penataan baik terhadap pedagang, sarana, dan prasana.

Tujuannya, agar wisatawan semakin banyak datang ke Kota Padang. Hal ini pun membuat tempat objek wisata menjadi sasaran pungutan liar (pungli) oleh masyarakat setempat. Untuk itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang mengimbau pengunjung berani melaporkan jika ada yang melakukan pungli.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi mengatakan,memang masih ada tempat wisata yang rawan aksi pungli. Contohnya saja, Pantai Air Manis, banyak pengunjung yang mengeluhkan biaya yang harus dikeluarkan untuk melihat objek wisata batu Malin Kundang itu.

“ Kita akan melakukan pengawasan yang lebih intensif terhadap aksi pungli di sejumlah lokasi wisata. Sehingga wisatawan yang berkunjung merasa nyaman,”ucap Medi Sabtu (3/3).

Jika pengunjung merasa dirugikan akibat pungli, ia mengimbau agar melaporkan kepada pihak kepolisian. Sehingga, pelaku pungli di sekitar objek wisata menjadi jera.

“Persoalannya selama ini, pengunjung tidak mau melaporkan aksi pungli kepada pihak kepolisian. Hal ini membuat pelaku pungli menjadi tidak takut atas apa yang dilakukannya,”jelas Medi.

Ia berjanji pihaknya akan mengganti kerugian yang dialami wisatawan di tempat wisata. Dengan syarat korban bersedia membuat laporan kepolisian.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga telah bekerja sama dengan pihak terkait seperti Satpol PP dan kepolisian. “Kami rutin menempatkan petugas Pol PP di objek wisata untuk meminimalisir pungli ini,”sebut Medi.

Selain iti, Medi juga mengingatkan kepada para pedagang yang berjualan di tempat wisata untuk mengutamakan pelayanan. Pedagang diminta untuk tidak menaikan harga atau “main pakuak” sebab hal ini akan membawa buruk nama Kota Padang. Layanilah setiap tamu dengan baik, serta harus menyediakan daftar harga dan menjaga kebersihan barang dagangan.

Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, wisatawan saat berkunjung ke Kota Padang. Mulai dari Pantai Padang, Pantai Air Manis, Gunung Padang, dan ada wisata pulau. (mc/padang/Wina/toeb)