Lapangan Multifungsi Bisa Fasilitasi Anak Binaan Panti Sosial DKI Jakarta

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 23 Februari 2018 | 16:36 WIB - Redaktur: Juli - 370


Jakarta, InfoPublik – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan kolaborasi antara Dinas Sosial DKI Jakarta bersama Dinas Olahraga dan Kepemudaan dalam meresmikan Lapangan Multifungsi di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (23/2).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan menyampaikan, lapangan multifungsi itu bisa memfasilitasi anak-anak binaan yang ada di panti untuk menjadi atlet-atlet nasional maupun internasional.

“Aset ini bisa dijadikan modal sosial. Modal ke depan bagi anak-anak binaan kita. Dari sini barangkali ada yang jadi atlet nasional,” kata Masrokhan saat membuka peresmian Lapangan Multifungsi tersebut.

Disebutkan, pengadaan aset lapangan multifungsi ini memiliki nilai investasi jangka panjang, karena beberapa tahun ke depan aset ini masih ada dan bisa digunakan. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk mulai mengembangkan sejak dini anak-anak panti untuk bisa disalurkan menjadi atlet-atlet yang berbakat.

“Potensi anak-anak ini sangat besar. Penanganan yang berkelanjutan tergantung kita. Perlu ada instruktur profesional untuk memfasilitasi anak-anak agar bisa menjadi atlet,” paparnya.

Ia menambahkan, keinginan melahirkan atlet itu bukan tidak mungkin, karena beberapa binaan panti lain milik Dinas Sosial sudah berhasil mendapatkan medali dalam beberapa kejuaraan.

“Dari panti disabilitas lahir atlet-atlet renang, ada juga atlet pencak silat dan atlet lainnya. Mereka punya prestasi. Budaya ini perlu dilanjutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Kepemudaan DKI Jakarta, Rationo mengemukakan, kolaborasi ini bagian dari mewujudkan keinginan Gubernur DKI Jakarta yang peduli terhadap kaum difabel.

“Ini adalah wujud kolaborasi. Setiap SKPD jalan bareng untuk mewujudkan visi dan misi Gubernur. Lapangan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Rationo.

Selain itu, pihaknya juga terus mendukung kolaborasi dengan Dinas Sosial. Di antaranya mempersilakan anak-anak binaan panti bisa ikut renang di GOR yang menjadi milik Dinas Olahraga dan Kepemudaan.

“Itu gratis. Ini sesuai keinginan Gubernur untuk memajukan kotanya dan membahagiakan warganya,” ujarnya.

Dalam peresmian Lapangan Multifungsi itu, anak-anak panti diajak melakukan permainan, karena selain digunakan untuk olahraga, lapangan tersebut juga bisa difungsikan sebagai arena bermain.

Peresmian tersebut ditutup dengan pertandingan futsal persahabatan antara Dinas Sosial DKI Jakarta dengan Dinas Olahraga dan Kepemudaan DKI Jakarta. Pertandingan ini untuk mempererat kolaborasi antar keduanya.