Rastra Kabupaten Sumenep 2018 Belum Terealisasi

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 20 Februari 2018 | 18:25 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 255


Sumenep, InfoPublik -  Bantuan sosial (Bansos) beras untuk masyarakat sejahtera (Rastra) 2018 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, hingga bulan Februari ini belum terealisasi. Itu dikarenakan menunggu selesainya launching.

“Diperkirakan launching itu akan dilakukan bulan depan, sekaligus pendistribusian kepada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM),” kata Plt. Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian Setkab Sumenep, Suharjono, Selasa (20/02).

Untuk tahun 2018, jumlah penerima bansos rastra sama dengan tahun 2017, yakni 128.016 penerima manfaat. Sedangkan jatah rastra disesuaikan dengan jumlah penerima, masing-masing mendapatkan 10 kilogram per-bulannya.

“Kalau tahun lalu, setiap penerima itu mendapatkan jatah rastra sebanyak 15 kilogram per-bulan, tapi untuk tahun 2018 sebanyak 10 kilogram setiap penerima per-bulan,” tuturnya.

Ia memaparkan, perbedaan bantuan rastra ini juga terletak pada sistem penebusan. Pada tahun 2018, penerima manfaat tidak dibebani biaya penebusan rastra lagi. Namun, diberikan secara gratis.

“Setiap penerima manfaat tinggal mengambil rastra ke Desa sebagai Tim Bansos Rastra di Desa,” pungkasnya. (Nita/Esha/Fer/Noor)