Pemkab Bonebol Terapkan Aplikasi Penilaian Kinerja Lewat DeSys

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 20 Februari 2018 | 06:21 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Bonebol, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mulai tahun ini akan menerapkan aplikasi penilaian kinerja lewat Daily evaluation System (DeSys) sebagai pemacu peningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bonebol Ishak Ntoma di hadapan 74 peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan kepegawaian yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bone Bolango, di Hotel Four Points Makassar Sulawesi Selatan, Kamis (15/2).

Pada kesempatan itu, Sekda Ishak Ntoma mengatakan saat ini Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah banyak mendapat penghargaan di berbagai bidang.”Khusus untuk kepegawaian tekad kita tahun ini, kita harus meraih BKN Award,”ujarnya.

Olehnya itu, Ishak Ntoma mengajak para peserta Bimtek agar mempelajari dan mengaplikasikan peraturan perudang-undangan, antara lain peraturan perundang-undangan tentang ASN, UU tentang Pelayanan Publik, Administrasi Publik, UU tentang Pemerintahan dan Politik serta UU tentang Anti Korupsi.

Mari kita selalu mengkaji, membaca, menelaah, mempelajari seluruh peraturan perundang-undangan yang ada hubungannya dengan kita selaku Aparatur Sipil Negara, kemudian mengaplikasinya pada kegiatan pemerintahan.

”Ini penting, apalagi bagi Kasubag Kepegawaian yang merupakan unjung tombak pemerintah di OPD dalam rangka peningkatan disiplin dan peningkatan kinerja ASN,”jelas Ishak Ntoma.

Sementara itu, Ketua DPRD Bone Bolango Faisal Mohie yang turut hadir pada kegiatan tersebut memberikan suport terhadap pelaksanaan Bimtek Kepegawaian menjadi agenda rutin setiap tahun sebagai ajang untuk mengevaluasi serta menjadi momen peningkatan kapasitas ASN/para Kasubag Kepegawaian dalam merespon cepat gerak dinamika manajemen kepegawaian sebagai tindaklanjut UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. 

Sebelumnya, Kepala BKPPD Bone Bolango Zainal Abdi Ilolu, menjelaskan tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para pengelola kepegawaian atas tugas dan tanggung jawabnya.

Terutama dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian yang cepat dan tepat, sehingga dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Bone Bolango secara umum dan memiliki kompetensi yang unggul dalam melaksanakan tugas pelayanan kepegawaian pada masing-masing OPD.

Dia menyebutkan, Bimtek ini diikuti oleh 74 peserta yang terdiri dari Sekretaris, Kasubag Kepegawaian dan Pengelola Kepegawaian di OPD se- Kabupaten Bone Bolango dan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 14-17 Februari 2018.  

“Selama empat hari tersebut, peserta dibekali dengan materi tentang disiplin ASN, Penilaian Kinerja serta kebijakan dan penerapan aplikasi penilaian kinerja DeSys (Daily Evaluation System),”jelasnya.

Zainal menambahkan adapun pemateri berasal dari unsur BKN Regional IV Makassar dan BKPPD Bone Bolango serta diisi sosialisasi dari PT. Taspen Gorontalo dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gorontalo.

”Kegiatan ini ditutup oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Bone Bolango, Syarifudin Uloli, Sabtu, (17/2),” katanya. (MC Bone Bolango/BKPPD/Rahmat/Hms/Kadirtoeb).